Kupat Tahu Pak Budi, Kupat Tahu Legendaris di Jogja

Kupat Tahu Pak Budi, Kupat Tahu Legendaris di Jogja
3.5 (70%) 2 votes

Warung Kupat Tahu Pak Budi merupakan salah satu legenda kuliner di pusat Yogyakarta. Dahulu kupat tahu ini dikenal dengan nama kupat tahu kidul saridele karena sebelum dibangun pabrik susu SGM merupakan pabrik susu kedelai. Warung ini telah berumur lebih dari separuh abad dan masih diminati oleh pelanggan hingga saat ini. Pemilik warung yang telah berusia lanjut ini masih setia menjaga warung untuk mengawasi cita rasa yang ditawarkan.

Warung Kupat Tahu Kidul SGM Pak Budi lokasinya tepat di sebelah selatan perempatan SGM (Muja-Muju) atau di Jalan Veteran No. 1, kelurahan Muja Muju, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta. Warung kupat tahu ini berdiri sejak tahun 1957. Menurut Pak Budi sang pemilik warung, warung ini dibuka sejak beliau berusia sekitar 20 tahunan. Buka mulai pukul 09.30 hingga 15.00 (habis).

Warung Kupat Tahu Pak Budi Yogyakarta Dari Depan

Lokasi Kupat Tahu Pak Budi Yogyakarta tepat berada di sebelah selatan simpang empat pabrik susu SGM Jalan Kusumanegara dengan Jalan Veteran. Warung ini menempati kios kecil yang hanya menyedia area parkir khususnya kendaraan beroda dua. Kapasitas parkir motor pun terbatas hanya mampu menampung belasan sepeda motor. Untung saja ada petugas parkir yang cukup sigap mengatur parkir pengunjung agar terlihat rapi dan tidak mengganggu lalulintas. Bila pengunjung membawa kendaraan roda empat cukup kesulitan mencari area parkir karena kondisi jalan yang sempit dan lalu lintas cukup ramai.

Suasana Warung Kupat Tahu Pak Budi Yogyakarta

Saya langsung memesan menu kupat tahu yang menjadi satu-satunya menu di Warung Pak Budi ini. Ada beberapa jenis minuman yang ditawarkan seperti es campur, es dawet , dan es degan. Saat melihat rak pada dinding warung, saya melihat beberapa baris botol minuman saparrila (limun jawa) seperti di Warung Sido Semi yang menarik untuk dicicipi. Saya dipersilakan duduk menunggu pesanan di meja kursi yang saling berhimpit satu sama lain karena terbatasnya ruang.

Sisi Lain Warung Kupat Tahu Pak Budi Yogyakarta

Kupat Tahu Pak Budi disajikan secara fresh atau langsung dimasak dan diracik begitu pengunjung memesan menu tersebut. Dalam satu porsi kupat tahu, terdapat beberapa potongan tahu, ketupat, taoge, tempe, dan kubis dengan kualitas terbaik. Semuanya disusun dengan perbandingan yang pas dan teknik penggorengan yang sempurna. Bila krupuk yang ada dirasa kurang, tersedia beberapa macam krupuk di dalam toples yang ditaruh pada meja.

Saat mencicipi bumbu kuah Kupat Tahu Pak Budi terasa gurih, pedas, dan manis bercampur menjadi satu dengan bumbu yang pas. Rasa pedas ini menjadi primadona Warung Kupat Tahu Pak Budi dan bagi penyuka rasa pedas akan terpuaskan bila menikmati kupat tahu di warung ini. Tidak terasa penggunaan penyedap rasa dalam makanan ini dan sepertinya pemilik warung masih mempertahankan resepnya sejak awal berdiri dengan bumbu-bumbu yang alami dan menggugah selera.

Sajian Kupat Tahu Warung Pak Budi Yogyakarta

Saya cukup puas menikmati kupat tahu khas Yogyakarta di warung Pak Budi ini meskipun saat ini yang meracik kupat tahu bukan Pak Budi sendiri. Meskipun demikian beliau tetap ada diwarung dan selalu mengontrol para karyawannya dalam melayani pelanggan. Harga yang ditawarkan tergolong murah dan rasanya berani diadu dengan warung atau restoran manapun. Yang perlu diperhatikan adalah menghindari berkunjung dengan menggunakan kendaraan roda empat atau lebih karena selain memacetkan lalu lintas juga akan kesulitan untuk memarkir kendaraan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat