Burung Kuntul Kerbau

Kuntul Kerbau  bernama latin: Bubulcus ibis merupakan burung terkecil dari bangsa Kuntul-kuntulan dengan tinggi sekitar 50 cm. Burung ini tersebar di wilayah Amerika, Afrika, Asia bagian selatan dan tenggara termasuk Indonesia. Morfologi bentuk tubuhnya lebih ramping daripada Blekok Sawah (Ardeola speciosa) namun tidak seramping kuntul-kuntul yang lebih besar. Seluruh bulunya berwarna putih namun selama musim kawin, bulu-bulu pada bagian kepala, leher, dan punggung berwarna kuning kerbau.

Burung Kuntul Kerbau Saat Terbang Di Desa Wisata Ketingan Sleman

Burung Kuntul Kerbau di Indonesia sendiri banyak ditemukan di daerah area persawahan yang sedang dibajak atau ditanami. Burung ini mencari makan di area sawah yang dibajak tersebut dan kadang disekitar Sapi atau Kerbau saat merumput. Saat musim kawin, Burung Kuntul Kerbau tinggal berkoloni, berkumpul dan membangun sarangnya di dahan-dahan pohon yang cukup lebat. Aktivitas semacam ini dapat dilihat di Desa Wisata Kentingan Sleman sebagai satu tempat tinggal burung kuntul di pulau Jawa yang dijadikan sebagai kawasan wisata. (text/foto: annosmile)

PERSEBARAN

Burung Kuntul Kerbau terdiri dari 3 sub-spesies dengan daerah persebaran antara lain:

  • ibis (Linnaeus, 1758) – Afrika dan Madagaskar; Eropa barat-daya sampai Laut Kaspia; Amerika utara, tengah & Selatan, dari Kanada sampai Guiana dan Chile utara; juga di Argentina timur-laut dan beberapa lokasi di Brasil.
  • seychellarum (Salomonsen, 1934) – Seychelles.
  • coromandus (Boddaert, 1783) – Asia selatan & timur sampai Austraia dan Selandia Baru.
KLASIFIKASI ILMIAH

Phylum : Chordata

Baca Juga  Pemotongan Taring Anak Babi Dalam Pemeliharaan Ternak Babi

Class : Aves

Order : Ciconiiformes

Family : Ardeidae

Genus : Bubulcus

Species : Bubulcus ibis (Linnaeus,1758)

English name : Cattle Egret

Local name : Kuntul kerbau

Conservation status : Least cornsern

Kirim pendapat