Kunci Pengaman Helm Jenis Pin

Kunci Pengaman Helm PIN merupakan salah satu sistem pengamanan helm sepeda motor dengan menggunakan kata kunci berbentuk angka atau sering disebut dengan PIN. Keberadaannya dipercaya sebagai pengganti kunci pengaman helm yang menggunakan sistem kunci analog yang lebih mudah dibobol. Walaupun sebenarnya masih banyak celah keamanan pada sistem pengunci ini yang membuat maling dapat mengambil helm dengan leluasa. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan Kunci Pengaman Helm PIN :

Kunci Pengaman Helm Sistem PIN

Kelebihan

  • Bisa digunakan untuk semua merk helm (KYT, INK, MDS, dll) yang memiliki fitur pengaman nelm atau lubang anti maling (anti theft system).
  • Material Kunci Pengaman Helm PIN sangat kuat dan sulit untuk dipotong atau dirusak dengan cara biasa.
  • Sistem penguncian menggunakan pin berjenis numerik yang memiliki peluang lebih kecil untuk ditembus ketimbangkan menggunakan sistem kunci analog.
  • Harga Kunci Pengaman Helm PIN cukup terjangkau

Kekurangan

  • Pin/password Kunci Pengaman Helm PIN tidak dapat diubah atau diganti
  • Belum ada cara untuk mengembalikan Pin/password bila pemiliknya lupa pin (lupa code) Kunci Pengaman Helm tersebut.

Secara keseluruhan Kunci Pengaman Helm PIN anti maling cukup memberikan pengamanan walaupun masih ada celah buat pencuri atau maling untuk mencuri helm tersebut. Biasanya pencuri selangkah lebih maju daripada produk pengaman yang dijual di pasaran. Namun lebih baik menggunakan alat pengaman helm daripada sama sekali tidak menggunakan alat pengaman helm. Minimal Anda sudah berusaha untuk menjaga barang yang Anda miliki khususnya helm saat diparkir atau saat ditaruh disuatu tempat. Hal yang perlu diingat bahwa pin angka Pengaman Helm PIN harus diingat atau dapat dicatat di kertas kecil kemudian dimasukkan di dalam dompet. Kesalahan dalam mengingat atau berarti lupa pin angka tidak dapat membuka pengunci helm tersebut. Solusinya hanya satu yaitu merusak kunci pengaman tersebut dengan menggunakan tang atau gergaji kawat besi. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nbsusanto:

    kemaren pas yang pake anak kunci rusak kepikiran lagi mau beli yang pake pin atau anak kunci.. eh tetep beli yang anak kunci.. padahal memang lebih praktis tak perlu khawatir lupa bawa anak kunci..

Kirim pendapat