7 Pilihan Kuliner Murah Di Sekitar Candi Prambanan

Prambanan merupakan kawasan di perbatasan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan propinsi Jawa Tengah yang dikenal dengan keberadaan wisata Candi Prambanan. Beberapa daya tarik kuliner ditemukan di sekitar kawasan tersebut. Berikut daftar wisata kuliner di sekitar Prambanan yang menarik untuk dikunjungi antara lain :

1. Soto Daging Sapi Tarunojoyo

Soto Daging Sapi (Lembu) Tarunojoyo terletak di Jalan Prambanan-Piyungan No. 31C, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman tepatnya sebelah utara perlintasan rel kereta api.

2. Soto Becek Mbah Semar

Dapur Warung Soto Becek Mbah Semar Klaten

Soto Becek Mbah Semar merupakan daya tarik kuliner soto yang berada di sebelah utara Candi Prambanan. Warung soto ini tepatnya berada di dusun Cepoko, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Daya tarik utama warung soto ini adalah soto daging kambing dengan masakan soto khas Klaten. Selain soto daging kambing, warung soto ini juga menyediakan menu soto daging ayam, soto uritan ayam, soto jerohan sapi (soto babat), dan soto daging sapi.

Baca artikel selengkapnya Soto Becek Mbah Semar Klaten, Kuliner Soto Kambing Di Utara Candi Prambanan

3. Bakmi Jawa Pak Gocip

Bakmi Jawa Pak Gocip terletak di Jalan Raya Jogja-Solo, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten tepatnya sebelah timur gapura perbatasan propinsi dan sebelah barat masjid.

Baca Juga  Pantai Krokoh Gunungkidul, Pantai Tersembunyi Di Timur Pelabuhan Sadeng

4. Bakmi Jawa Pak Doyok

Bakmi Jawa Pak Doyok merupakan daya tarik kuliner bakmi Jawa di sebelah barat Stasiun Prambanan Klaten tepatnya di Kebondalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten. Menu utama yang ditawarkan antara lain bakmi goreng, bakmi rebus, nasi goreng, dan magelangan. Warung ini buka setiap hari mulai sore hari hingga tengah malam.

Baca artikel selengkapnya di Bakmi Jawa Pak Doyok, Santap Malam Bakmi Jawa Di Sekitar Prambanan

5. Es Dawet Ngudi Roso

Warung ES Dawet Ngudi Roso

Es Dawet Ngudi Roso merupakan daya tarik kuliner es dawet khas Kalasan. Letak warung es dawet ini cukup berdekatan dengan wisata Candi Prambanan tepatnya di tepi Jalan Raya Jogja-Solo Km 14, Bogem, Kalasan, Sleman. Cita rasa es dawet di warung ini cukup menyegarkan apalagi dinikmati saat siang hari yang panas. Harga minuman yang ditawarkan cukup terjangkau dan ramah dikocek wisatawan. Warung es dawet ini buka menjelang siang hari hingga menjelang sore hari.

Baca artikel selengkapnya di Es Dawet Ngudi Roso, Warung Es Dawet Pertama di Kalasan

6. Mie Ayam Bu Tini

Mi Ayam Bu Tini beralamat di desa Kebondalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten.

7. Mie Ayam Pak Suro

Mie Ayam Pak Suro merupakan warung mie ayam yang cukup legendaris di utara Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Letak warung ini berada di Jalan Prambanan-Manisrenggo, desa Kebondalem Lor, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten. Cita rasa mie ayam ini sebenarnya biasa dan tidak istimewa. Namun yang menjadi daya tarik adalah harganya yang super murah dimana harganya hanya 1/3 bahkan 1/4 dari warung mie ayam lainnya yaitu seharga Rp 3.000,- atau tiga ribu rupiah saja. Menu yang ditawarkan antara lain mie ayam bakso dan bakso sapi. Warung ini buka sejak pagi hari hingga sore hari.

Baca Juga  Asal-Usul Desa Tengaran Semarang

Baca artikel selengkapnya di Mie Ayam Pak Suro, Warung Mie Ayam Legendaris Dan Termurah Di Klaten

Ada 8 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Akhmad Muhaimin Azzet:

    Saya baru nyoba yang soto becek yang di pojok perempatan itu :)

    • admin:

      Hi Akhmad Muhaimin Azzet,
      Kuliner yang lain silakan dicoba ya :-)

  2. Pakaian kuliah:

    Wah gorengannya bikin ngilleer kakak

    • admin:

      Hi Pakaian Kuliah,
      Silakan dinikmati mumpung masih hangat :-)

  3. angki:

    WAh segerr kayaknya makan itu soto mas maknyesss

    • admin:

      Hi angki,
      Memang seger mas dan cocok buat sarapan :-)

  4. Nasirullah Sitam:

    Yang pernah baru soto pasar itu sama dawet. Ada lagi katanya kuliner di sana tapi aku lupa namanya. Soto juga sih

    • admin:

      Hi Nasirullah Sitam,
      coba di ingat-ingat dulu mas :-)

Kirim pendapat