7 Kuliner Menarik Di Jalan Parangtritis Yogyakarta

7 Kuliner Menarik Di Jalan Parangtritis Yogyakarta
2.6 (52.5%) 8 votes

Jalan Parangtritis merupakan jalur utama menuju kawasan wisata Pantai Parangtritis yang menjadi daya tarik wisata andalan Yogyakarta dan kabupaten Bantul. Beberapa diantaranya cukup dekat dengan pusat kota Yogyakarta dan beberapa dekat dengan kawasan wisata.  Berikut daftar wisata kuliner di dekat Jalan Parangtritis Bantul/Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi antara lain :

1. Gudeg Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto

Sepiring Sego Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto Bantul

Gudeg Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto merupakan kuliner ‘blusuk’ yang berada di dekat Jalan Parangtritis Yogyakarta. Warung ini beralamat di dusun Nengahan, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul. Keberadaannya cukup terkenal karena warung ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Pengunjung yang datang di tempat ini dipersilakan mengambil makanan sendiri di dapur belakang rumah yang masih tradisional. Hal ini menjadi daya tarik warung ini yang jarang ditemukan i tempat lain.

2. Rumah Makan Manggar Manding

Sajian Gudeg Manggar Di RM Manggar Manding Bantul

Rumah Makan Manggar Manding merupakan rumah makan di tepi Jalaan Parangtritis yang menyediakan hidangan utama berupa gudeg manggar khas Bantul. Rumah makan ini beralamat di jalan Parangtritis KM 11,5 Bantul, Yogyakarta. Selain daya tarik kuliner yang ditawarkan, suasana yang ditawarkan rumah makan ini cukup unik dengan desain modern yang tetap dalam nuansa Jawa. Menu makanan lain pun tidak kalah menarik dan diolah dengan bahan-bahan alami.

Baca artikel selengkapnya di Sajian Gudeg Manggar Di RM Manggar Manding Bantul

3. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Tempat Duduk Bersantai menikmati Pemandangan Di Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul

Kampung Edukasi Watu Lumbung merupakan salah satu tempat kuliner di dekat Jalan Parangtritis yang cocok digunakan untuk menikmati pemandangan pesisir selatan kabupaten Bantul. Secara administratif tempat ini terletak di Bukit Watu Lumbung, desa Parangtritis, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Waktu yang tepat berkunjung ke tempat ini adalah waktu sore hari karena dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Kekurangan tempat ini adalah harga makanan dan minuman yang ditawarkan tergolong mahal serta banyak keluhan dari pengunjung setelah berkunjung ke tempat ini.

Baca artikel selengkapnya di Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul, Bersantai Sambil Belajar Dari Atas Perbukitan

4. Mie Des Pak Yono

Sajian Mie Des Warung Pak Yono Pundong Bantul

Mie Des Pak Yono merupakan daya tarik kuliner bakmi Jawa khas daerah Pundong Bantul yang berdekatan dengan Jalan Parangtritis. Warung ini berada di desa Srihardono, kecamatan Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Sajian bakmi yang disajikan berbeda dengan bakmi Jawa pada umumnya. Bakmi ini tidak menggunakan daging ayam dan hanya menggunakan telur itik saja. Selain itu bentuk bakminya berbentuk kotak atau tidak berbentuk bulat pada umumnya.

Baca artikel selengkapnya di Mie Des Pak Yono, Pesona Kuliner Kawasan Pundong Bantul

5. Bebek Goreng Kang Dono

Sajian Bebek Goreng Utuh Warung Kang Dono Bantul

Warung Bebek Goreng Kang Dono merupakan daya tarik kuliner bebek goreng di tepi Jalan Parangtritis yang menarik untuk dicicipi sebagai pilihan bersantap sore atau malam. Warung ini beralamat di Jalan Parangtritis km 8.5 Bantul Yogyakarta tepatnya selatan gapura GMT barat jalan. Menu utama yang ditawarkan adalah bebek goreng utuh disamping warung ini juga menyediakan menu lain seperti bebek goreng (potongan), ayam goreng, dan puyuh goreng. Harga yang ditawarkan tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan.

Baca artikel selengkapnya di Bebek Goreng Kang Dono, Kuliner Warung Kakilima Di Jalan Parangtritis Bantul

6. Bakmi Jawa Harjo Geno

Sajian Bakmi Goreng Khas Warung Bakmi Jawa Harjo Geno Yogyakarta

Bakmi Jawa Harjo Geno merupakan daya tarik kuliner bakmi jawa yang cukup legendaris di tepi Jalan Parangtritis. Warung bakmi jawa ini cukup dekat diakses dari pusat kota Yogyakarta dan dekat dengan kawasan Prawirotaman sebagai tempat menginap para turis asing. Cita rasa masakan bakmi jawa yang khas ini konon pernah menjadi langganan mantan Presiden Kedua RI Bapak Soeharto. Saat ini usaha bakmi jawa ini dilanjutkan oleh keturunannya yang kedua alias cucunya.

Baca artikel selengkapnya di Bakmi Jawa Harjo Geno Yogyakarta, Dulu Pernah Menjadi Langganan Mantan Presiden RI Soeharto

7. Mie Ayam Contreng

Sajian Mie Ayam Contreng Yogyakarta

Mie Ayam Contreng merupakan daya tarik kuliner mie ayam di tepi Jalan Parangtritis Yogyakarta. Warung mie ayam ini beralamat di Jalan Parangtritis Yogyakarta tepatnya di sebelah utara Pasar Prawirotaman atau disebelah selatan Pojok Beteng Wetan. Mie ayam ini sering disebut sebagai yamie atau mie ayam jakarta karena ukuran mie yang tipis dan bumbunya yang terasa sedikit asin.

Baca artikel selengkapnya di Mie Ayam Contreng, Salah Satu Mie Ayam Jakarta di Yogyakarta

Kirim pendapat