Review Kopi Temanggung Honey Arabica Tretep

Review Kopi Temanggung Honey Arabica Tretep
3.5 (70%) 2 votes

Kopi Temanggung Honey Arabica merupakan salah satu jenis kopi yang dibudidayakan oleh petani di dusun Gunung Prau, desa Bonjor, kecamatan Tretep, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kopi Temanggung saat ini cukup dikenal karena termasuk dalam daftar kopi terbaik yang berasal dari Tanah Jawa. Perkebunan kopi Temanggung diusahakan oleh petani setempat dengan skala yang kecil dimana dari proses penanaman, pemanenan hingga pengepakan dilakukan oleh petani itu sendiri.

Sampel Kopi Temanggung Honey Arabica saya seduh dengan metode penyeduhan manual (manual brewing) jenis v60. Aroma kopi yang pertama kali keluar saat melakukan penyeduhan adalah aroma harum khas kopi arabica dan sedikit sangit hasil proses penyangraian. Saya menduga proses roasting kopi ini agak berlebih sehingga menimbulkan aroma sangit atau sedikit gosong. Warna kopi yang dihasilkan terlihat hitam pekat hasil dari proses roasting yang diperkirakan dengan level medium hard. Saat pertama kali dicicipi terasa tekstur kopi agak pekat dengan tingkat keasaman sedang atau medium. Walaupun demikian kondisi sajian kopi masih nyaman untuk dinikmati. Keunikan dari Kopi Temanggung Honey sendiri yaitu cita rasa madu atau honey terasa tipis atau kurang berkarakter. Bisa dibilang cita rasa yang ditawarkan hampir sama atau tidak berbeda jauh dengan Kopi Temanggung Arabica biasa. (text/foto: annosmile)

Penilaian Kopi Temanggung Honey Arabica
  • Roasting
  • Aroma
  • Tekstur
  • Keasaman
  • Rasa
2.9

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Empritkaji:

    Wah..informasi yang bagus dan bermanfaat,,,,…

Kirim pendapat