Kopi Sukasari, Salah Satu Pilihan Kopi Khas Bali

Kopi Sukasari merupakan salah satu kopi khas Bali yang menarik untuk dicicipi. Kopi ini dikemas secara fresh dimana kopi digiling dan dikemas langsung ketika pembeli datang membeli. Daya tarik rasa yang dipertahankan secara turun temurun membuat kopi ini masih mendapat tempat di hati para penikmati kopi. Namun sayang ketenaran kopi ini justru tenggelam diantara kopi-kopi khas Bali yang banyak membanjiri sentra atau pusat penjualan oleh-oleh khas Bali.

Kopi Bali Sukasari Cap Teko merupakan salah satu kopi legendaris yang ada di Pulau Bali. Kopi Bali Sukasari dijual sejak tahun 1948 dan hingga saat ini tetap terjaga kualitasnya.

Kios Kopi Bali Sukasari Di Denpasar

Lokasi Kios Kopi Bali Sukasari berada di kios-kios pasar tradisional kecil (Pasar Pekambingan) yang berdekatan dengan Jalan Diponegoro. Ikuti Jalan Diponegoro yang merupakan jalan satu arah dan carilah gang jalan kecil yang bernama Jalan Nusa Kambangan. Dari Jalan Nusa kambangan belok lah ke arah kanan memasuki area Pasar Pekambingan atau Jalan Pulau Banda. Letak kios Kopi Bali Sukasari berada pada kios paling ujung pada sebuah tikungan jalan yang berhimpit dan tertutup oleh pedagang yang menggelar dagangannya di tepi jalan.

Tulisan Kopi Bali Sukasari cukup besar pada dinding depan atas kios tersebut yang juga menjual kebutuhan sehari-hari mulai sembako hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Saya sempat ragu ketika sekilas melihat bangunan kios Kopi Bali Sukasari yang tidak terlihat seperti kios atau outlet khusus yang menjual kopi melainkan sebuah kios sederhana yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Ciri khas Kopi Bali Sukasari antara lain biji kopi berwarna hitam cenderung kecoklatan, berbau harum, tidak terasa asam, terasa sedikit gurih, dan manis.

Mesin Penggiling Kopi Bali Sukasari

Kopi Bali Sukasari merupakan sajian kopi yang diambil dari perkebunan kopi di Pulau Bali. Tidak diketahui daerah asal biji Kopi Bali Sukasari walaupun saya menduga bahwa lokasi perkebunan kopinya berada di sekitar Buleleng (Bali Utara) dan Kintamani. Kopi Bali Sukasari merupakan campuran dari kopi Bali jenis arabica dengan jenis robusta. Tidak diketahui berapa perbandingan antara kopi arabica dan kopi robusta dalam Kopi Bali Sukasari.

Pembelian Kopi Bali Sukasari dapat dilakukan dalam jumlah kecil dan jumlah besar. Untuk jumlah kecil dihitung per ons dan dalam jumlah besar dihitung per kilogram. Proses pemasakan (roasting) biji kopi telah dilakukan sebelumnya. Proses penggilingan (grinding) dan pengemasan (packing) dilakukan saat pembeli datang membeli Kopi Bali Sukasari. Kopi Bali Sukasari dikemas dalam plastik bening yang kedap udara untuk menjaga cita rasa yang ditawarkan.

Kemasan Kecil Kopi Bali Sukasari

Untuk menjaga kualitas dan daya tarik kopi yang ditawarkan, Kopi Bali Sukasari tidak dijual di tempat lain seperti pasar atau pusat oleh-oleh khas Bali seperti Erlangga dan Khrisna. Pembelian hanya dapat dilakukan di Kios Kopi Bali Sukasari yang saat ini terdapat 2-3 cabang di sekitar Denpasar. Sementara ini Kopi Bali Sukasari hanya dapat dinikmati dirumah atau ditempat lain karena di kios tidak menyediakan tempat untuk menikmati sajian kopi seperti warung kopi atau cafe. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Es Campur Misur, Kuliner Es Teler, Bakso, dan Mie Ayam Di Mojolaban
INFORMASI
Kopi Bali Sukasari

Jl. Pulau Banda No. 2, Denpasar, Bali 80113
Telp: (0361) 234486

Perumnas Monang-Maning Jl. Gunung Cemara No. 8 Denpasar, Bali
Telp: (0361) 482963

Kirim pendapat