Kopi Sekar Arum, Cita Rasa Kopi Dari Pegunungan Bondowoso

Kopi Sekar Arum atau Kopi Sekar Arum Ekselen merupakan kopi bubuk kemasan yang berasal dari perkebunan kopi Bondowoso tepatnya di perbatasan antara kabupaten Bondowoso dengan kabupaten Jember. Kelompok atau perusahaan yang memproduksi kopi kemasan ini adalah Aneka Food “Kopkar Sekar”. Saat ini pemasaran kopi ini sudah menyebar di wilayah sebelah timur propinsi Jawa Timur.

kemasan-kopi-sekar-arum

Kopi Sekar Arum Ekselen terbagi dalam beberapa variasi dimana ada kopi arabica, kopi robusta, dan kopi campuran antara robusta-arabica (blended). Diantara variasi yang tersedia, saya mendapatkan jenis kopi campuran arabica-robusta. Kemasan kopi ini cukup modern dengan dibungkus dengan alumunium foil dan lengkap dengan informasi produk seperti merk produk, perusahaan yang memproduksi, berat bersih, dan tanggal kadaluarsa. Hanya saja perbandingan antara kopi robusta dengan kopi arabica tidak diinformasikan. Bentuk kemasan yang kedap udara ini diharapkan mampu menjaga kualitas bubuk kopi dalam waktu yang lebih lama.

Cara menyeduh Kopi Sekar Arum Ekselen sama seperti metode menyeduh kopi pada umumnya. Warna kopi terlihat hitam pekat dan hal itu dipengaruhi oleh proses penyangraian kopi. Aroma kopi tercium lebih ringan dan tidak menyengat seperti kopi arabica murni. Cita rasa yang ditawarkan kopi ini cenderung mengarah ke jenis kopi robusta dimana muncul rasa sedikit gurih, keasaman rendah, dan terasa lebih ringan. Sepertinya komposisi kopi jenis robusta lebih banyak daripada kopi jenis arabica. Hal ini warjar mengingat kopi arabica jumlahnya lebih sedikit dan harganya lebih mahal. Secara keseluruhan cirikhas Kopi Sekar Arum yang berasal dari pegunungan Bondowoso tidak terlalu mencolok atau memiliki keunikan rasa namun tetap nyaman untuk dinikmati. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Edi PSw:

    Wah, bisa dicoba nih kopinya…

    • admin:

      Hi Edi PSw,
      Silakan dicicipi kopinya :-)

  2. bersapedahan:

    saya lagi kepengen koleksi kopi dari berbagai daerah ,,,, semakin banyak daerah2 yag terekpos memiliki kopi .. tapi sayang pemasarannya belum sampai jakarta

    • admin:

      Hi bersapedahan,
      Iya sekarang banyak yg membudidayakan kopi, hanya saja produksinya masih terbatas dan baru mencukupi daerah sekitar saja :-)

Kirim pendapat