Kedai Kopi Pari, Pilihan Ngopi Santai di Jalur Wisata Girimulyo Kulon Progo

Kopi Pari merupakan rumah makan dan tempat ngopi yang berkonsep suasana pedesaan di tepi jalur wisata Girimulyo yang banyak terdapat wisata air terjun dan pemandangan alam puncak perbukitan. Keberadaannya mewarnai daya tarik kuliner di daerah perbukitan tersebut yang masih cukup minim. Kedai kopi ini buka pagi hari hingga malam hari.

Kedai Kopi Pari beralamat di Jalan Sermo-Girimulyo, dusun Banyunganti, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55674.

Lokasi Kedai Kopi Pari berada di tepi jalan utama yang menghubungkan antara daerah Sermo (Waduk Sermo) dengan pusat kecamatan Girimulyo. Posisi warung atau kedai kopi ini bersebelahan dengan obyek wisata Air Terjun Kuncung Mas. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung sekitar belasan kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan roda dua. Ada petugas parkir yang mengatur kndaraan pengunjung agar parkir dengan rapi dan tidak mengganggu lalu lintas di sekitarnya.

Kedai Kopi Pari menggunakan bangunan rumah Jawa yang sebagian besar berbahan kayu. Tempat duduk yang disediakan berupa meja kayu dengan bangku kayu yang memanjang. Selain itu kedai ini juga menyediakan tepat duduk lesehan dilantai beralaskan tikar. Fasilitas pendukung di Kopi Pari cukup lengkap mulai dari mushola untuk beribadah, kamar mandi umum, colokan listrik, wifi, spot fot selfie.

Menu minuman yang ditawarkan kedai kopi ini cukup lengkap mulai dengan aneka kopi khususnya kopi khas Menoreh dengan berbagai metode menyeduhan dan campuran, kopi pari yang merupakan menu minuman khas kedai kopi ini yang dibuat dari biji beras yang disangrai, dan menu minuman umum yang biasa ditemukan di warung atau rumah makan seperti teh, jeruk, jahe, dan sebagainya. Menu makanan yang ditawarkan terdiri dari menu makanan berat (nasi) dan makanan ringan. Makanan ringan yang ditawarkan merupakan makanan khas Kulon Progo seperti geblek dan tempe benguk disamping ada tempe mendoan, pisang goreng, ketela goreng, dan sebagainya.

Baca Juga  Toko Kopi Kapal Selam, Toko Kopi Tertua Dari Pasar Baru Bandung

Penyajian Kopi Tubruk Menoreh Cangkir Kecil di Kedai Kopi Pari menggunakan cangkir kecil berwana putih dengan alas cangkir. Kopi yang disajikan merupakan campuran antara kopi berjenis robusta dengan arabica. Aroma yang dikeluarkan tergolong ringan dengan kombinasi dua macam kopi tersebut. Saat dicicipi kopi agak pekat dengan tingkat keasaman sedang dan sedikit pahit. Sajian kopi ini dapat dinikmati dengan pilihan gula tebu (gula pasir) dan gula semut (gula aren). Bagi saya pribadi cita rasa kopi yang ditawarkan lebih menarik daripada sajian kopi di Kedai Kopi Ampirono. Namun cita rasa sajian kopi di Kedai Kopi Suroloyo masih tetap yang terbaik di Perbukitan Menoreh baik Kulon Progo, Purworejo, dan Magelang.

Sajian pisang goreng disajikan diatas piring rotan yang diberi alas daun pisang. Cita rasa pisang goreng cukup menarik karena pisang yang digunakan lembut dan terasa matang dari pohon khas pisang-pisang desa. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan kedai kopi ini tergolong murah untuk sajian kopi dan untuk ukuran menu minuman di kawasan wisata. Secara keseluruhan Kedai Kopi Pari dapat menjadi salah satu pilihan utama bersantap di dekat kawasan wisata di desa Jatimulyo Kulon Progo khususnya wisata Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kedung Pedut, dan Air Terjun Kuncung Mas. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kedai Kopi Pari
Dusun Banyunganti, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55674

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 23.00 WIB

Kirim pendapat