Nikmatnya Kopi Bali Khas Munduk

Nikmatnya Kopi Bali Khas Munduk
Rate this post

Sebagai salah satu daerah di pulau Bali yang menjadi daerah penghasil kopi, kawasan atau desa Munduk menjadi primadona turis yang ingin mencicipi rasa kopi dari sumbernya. Saya mendapat oleh-oleh kopi Bali khas Munduk dari seorang sahabat yang berkampung halaman disana.

Desa Munduk merupakan salah satu daerah penghasil kopi jenis robusta dan arabika sejak zaman penjajahan Belanda dan memiliki kualitas terbaik dimasanya.

Kopi pemberian sahabat saya ini unik, tanpa ada merk dan hanya dibungkus dengan kantong plastik. Katanya ini merupakan kopi khas Munduk yang dikonsumsi masyarakat lokal dan jarang diperjualbelikan. Kopi Bali khas Munduk memang telah menyebar luas di seluruh pelosok pulau Bali namun menurutnya kualitasnya tidak seenak yang dikonsumsi masyarakat lokal Munduk. Karena masyarakat Munduk hanya mau mengkonsumsi kopi terbaik yang ditanam di daerahnya.

Saya mencoba membandingkan rasanya dengan kopi Bali kemasan yang dijual di salah satu pusat oleh-oleh khas Bali. Bubuk kopi berwarna hitam sedikit kecoklatan dan tekstur bubuk kopi halus karena melewati proses penggilingan. Dari segi warnanya, kopi khas Munduk tanpa merk ini terlihat lebih pekat dan aromanya lebih terasa. Buih-buih kopi muncul memenuhi sebagian permukaan kopi. Rasanya cukup enak daripada kopi bubuk hitam kemasan yang dijual secara bebas. Rasa kopi yang tidak terlalu kuat ini menunjukkan bahwa bubuk kopi merupakan campuran kopi jenis robusta yang beraroma dan berasa keras dengan kopi arabika yang lebih ringan dengan komposisi yang pas. Sepertinya rasa ini yang disukai masyarakat Munduk begitu pula saya juga menikmatinya. (text/foto: annosmile)

Ada 11 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. applausr:

    kopi bali memang enak nih… saya juga suka nih….

  2. SanG BaYAnG:

    Tulung buntelne mas.. :D

  3. BlogS of Hariyanto:

    alhamdulillah, dapat rejeki kiriman kopi dari sahabat :)

  4. omagus:

    Saya lebih suka yang jenis robusta.
    Lebih terasa aromanya.

  5. antyo:

    Asal ndak pekat banget dan ndak asem pasti lambung saya kuat :-) 

  6. dafhy:

    boleh dikirimi untuk tester mas? pecinta kopi juga #ngarepModeOON :D

  7. addiehf:

    mau dong, kirim ke kng ya  #bringit

    Met Lebaran, Mohon Maaf Lahir Batin ya om  (worship)

  8. Zippy:

    Belum pernah nyobain, jadi gak tau rasanya seperti apa :D
    Tapi kira2 testernya masih ada nggak ya? Hahahah :))
    Btw, met idul fitri mas bro, maaf lahir batin :)

  9. arif:

    kopi bali, belum pernah nyoba om :D hehehe

  10. heqris:

    kopi munduk?, tapi kok gak munduk kayak gunung,,hehe,,

  11. HeruLS:

    Yosip, buatkan aku satu mas

Kirim pendapat