Kopi Lanang Malangsari, Kopi Unik Dari Banyuwangi

Kopi Lanang Malangsari, Kopi Unik Dari Banyuwangi
3 (60%) 9 votes

Kopi Lanang Malangsari merupakan salah satu jenis kopi yang berasal dari perkebunan kopi di wilayah barat kabupaten Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan The Sunrise of Java. Kopi ini cukup unik karena memiliki ciri unik yang berbeda dibandingkan dengan kopi pada umumnya. Produsen kopi ini meyakinkan konsumen bahwa keunikan kopi ini memberikan daya tarik kesehatan yaitu mampu menikmatkan stamina dan vitalitas para lelaki yang meminumnya.

Kopi Lanang berasal dari perkebunan kopi Malangsari, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sajian Kopi Lanang Malangsari Banyuwangi

Kopi Lanang Malangsari berjenis kopi robusta, satu dari dua varietas kopi di dunia yang kita kenal yaitu kopi robusta dan arabica. Kopi ini sebenarnya merupakan anomali atau keanehan biji kopi dimana berbeda dengan biji kopi pada umumnya. Bila kopi biasa tergolong berbiji 2 (dua) atau dikotil sedangkan kopi lanang hanya berbiji 1 (satu) atau monokotil. Keanehan biji kopi monokotil ini akhirnya disebut sebagai kopi lanang oleh petani yang membudidayakan kopi ini. Jenis kopi ini hanya dibudidayakan di daerah banyuwangi dan tidak dibudidayakan di daerah lain. Tidak heran bila Kopi Lanang identik dengan Kopi Banyuwangi meskipun di daerah Banyuwangi sendiri memiliki beberapa macam kopi selain Kopi Lanang.

Cara menyeduh Kopi Lanang Malangsari sama seperti cara menyeduh kopi pada umumnya. Penampilan kopi ini terlihat hitam dengan sedikit kecoklatan. Warna kopi yang tampak sepertinya dipengaruhi oleh cara penggorengan atau cara pemasakan kopi. Aroma kopi yang tercium terlihat ringan dan tidak menyengat. Cita rasa yang muncul saat menikmati kopi ini adalah sedikit terasa gurih, keasaman rendah, tidak terlalu pahit, dan ada sedikit rasa unik yang berbeda dengan rasa kopi robusta pada umumnya. Keunikan rasa yang ditawarkan kopi ini konon dapat meningkatkan stamina dan vitalitas pria sesuai dengan namanya. Namun belum ada penelitian lanjut mengenai kebenaran informasi tersebut. Penelitian yang telah dilakukan pada Kopi Lanang sebatas pengukuran kadar kafein (caffein) dimana memiliki nilai kafein yang cukup tinggi. Berdasarkan pengalaman pribadi saya menikmati kopi ini memberikan sensasi rasa kopi yang lain dan unik dibandingkan dengan kopi yang berasal dari daerah lain. Secara keseluruhan kopi ini dapat dinikmati untuk seluruh kalangan baik pria, wanita, maupun anak-anak. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah dan terjangkau di dompet para penikmat kopi. (text/foto: annosmile)

Penilaian Kopi Lanang Malangsari
  • Roasting
  • Aroma
  • Tekstur
  • Keasaman
  • Rasa
2.3
INFORMASI
Kopi Lanang Malangsari
Perkebunan Malangsari, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    rata2 daerah di Indonesia memiliki kopi khas-nya
    penasaran pengen nyobain nih kopi …

    • admin:

      Hi Bersapedahan,
      Iya silakan datang ke Banyuwangi untuk mencicipinya :-)

  2. Fazzams:

    Kebanyakan kopi-kopi lokal dibilang khasiatnya meningkatkan stamina dan vitalitas, tetapi gatau juga apakah sudah dibackup penelitian apa belum..

    • admin:

      Hi Fazzams,
      Bahasa marketing sih, kita sebagai konsumen kalau cocok yang beli saja kalau tidak cocok minimal sdah pernah coba hehe ;-)

Kirim pendapat