Kopi Kampung, Cita Rasa Kopi Khas Munduk Bali

Kopi Kampung Khas Munduk merupakan salah satu kopi khas pedesaan yang telah dikemas dari perkebunan kopi Munduk, sebuah wilayah di Pulau Bali bagian utara. Nama kopi ini jarang dikenal dibandingkan dengan Kopi Kintamani dan Kopi Banyuatis yang sudah banyak dipasarkan di pusat oleh-oleh dan toko-toko. Pemesan kopi ini baru sebatas daerah setempat saja sehingga banyak orang belum mengetahui daya tarik rasa yang ditawarkan.

Bungkus Kopi Kampung Khas Munduk Buleleng Bali

Kopi Kampung Khas Munduk saat ini hanya dapat ditemukan di sekitar desa Munduk, kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Bali Utara. Pengunjung dapat mencicipi sajian kopi ini di kedai, warung, atau cafe yang berada di sekitar Munduk. Sajian Kopi Khas Munduk bersaing dengan Kopi Khas Banyuatis yang lokasi perkebunan kopinya berdekatan dan lebih dahului terkenal.

Pada mulanya Kopi Kampung Khas Munduk hanyalah kopi bubuk biasa yang diracik masyarakat setempat untuk konsumsi pribadi. Beberapa orang mengolah biji kopi sendiri kemudian menggilingnya selepas musim panen kopi untuk persediaan dirumah. Cita rasa kopi khas Munduk ini mulai dinikmati ketika semakin banyak wisatawan berkunjung ke desa Munduk. Salah seorang warga akhirnya berinisiatif melakukan pengemasan kopi khas Munduk dengan label Kopi Kampung. Saat ini beberapa resort dan hotel di sekitar Munduk telah menyajikan kopi ini bersanding dengan kopi khas daerah lain di Pulau Bali.

Baca Juga  Soto Mbak Jam, Soto Tepi Persawahan Nglanggeran Gunungkidul

Secangkir Kopi Kampung Khas Munduk Buleleng Bali

Cita rasa Kopi Kampung Khas Munduk hampir sama dengan Kopi Banyuatis dan tidak banyak perbedaan yang ditemukan. Rasa Kopi Kampung Khas Munduk ini cenderung gurih, sedikit pahit, dan memiliki rasa sedikit asam. Saya menduga bahwa Kopi kampung Khas Munduk ini merupakan kopi berjenis arabica. Namun bisa saja terdapat campuran dengan kopi jenis robusta meskipun jumlahnya hanya sedikit. Pada bungkus kopi tidak dicantumkan jenis kopi yang digunakan dan hanya tertulis kopi pilihan dari perkebunan kopi di Bali Utara. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kopi Kampung Khas Munduk
Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Pulau Bali
Telp: 087762845052

Kirim pendapat