Kopi Duren Khas Lampung, Sensasi Unik Rasa Kopi

Kopi Duren Khas Lampung merupakan variasi pengolahan kopi yang ditanam di daerah Lampung. Tujuan pembuatan olahan kopi baru ini untuk nemabah daya tarik masyarakat tentang sajian minuman kopi. Proses pembuatan kopi ini menggunakan bahan utama kopi Lampung dan ekstrak buah durian yang juga ditanam di sekitar Lampung.

Kopi Duren (Durian) Khas Lampung merupakan salah satu produk dari pengembangan industri pengolahan kopi di daerah Lampung, Pulau Sumatera. Salah satu pabrik pengolahannya berada di Bandar Jaya, Lampung Tengah.

Salah Satu Kemasan Kopi Duren Khas Lampung

Kemasan Kopi Duren Khas Lampung terbuat dari karton dengan informasi produk yang cukup jelas. Di bagian samping kemasan terdapat informasi komposisi kopi duren, tanggal kadaluarsa, ijin depkes, dan cara menyajikan. Saat membuka isi kemasan kardus Kopi Duren Khas Lampung, terdapat lima sachet kopi duren untuk lima penyajian. Setiap sachet kopi duren dikemas dengan bungkus alumunium foil untuk menjaga kualitas kopi agar tetap baik dan mampu bertahan lama.

Kopi Duren Khas Lampung dapat disajikan dalam cangkir dan diseduh dengan air panas atau mendidih. Bubuk kopi terlihat hitam kecoklatan karena merupakan campuran dari bubuk kopi, bubuk durian, dan gula pasir. Bau harum durian cukup menyengat saat air panas bercampur dengan kopi durian. Warna seduhan kopi duren tidaklah hitam pekat melainkan hitam kecoklatan. Hal ini disebabkan porsi takaran bubuk durian yang cukup banyak dan hampir berimbang dengan takaran bubuk Kopi Lampung. Kurang diketahui berapa persen perbandingan antara bubuk kopi dengan bubuk durian karena hal tersebut tidak tercantum dalam komposisi produk.

Dalam meracik Kopi Duren Khas Lampung, digunakan kopi robusta yang banyak ditanam di sekitar Lampung dan durian khas Kotaagung, Tanggamus yang terkenal berbau tajam dan menyengat.

Secangkir Kopi Durian Khas Lampung

Saat mencicipi rasa Kopi Duren Khas Lampung, rasanya cukup unik antara rasa Kopi Lampung bercampur dengan rasa durian. Aroma durian yang cukup menyengat membuat sensasi yang berbeda bagi penikmat kopi. Takaran gula yang dicampurkan dalam sachet kopi cukup manis meski sebenarnya saya ingin merasakan kopi duren tanpa gula untuk mengetahui cita rasa sebenarnya. Saya cukup puas menikmati rasa kopi durian yang unik dan nikmat sekaligus menambah khasnah dalam wisata kopi nusantara.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Mesuji Lampung

Ide pengembangan kopi duren kemasan atau instan ini berawal dari kebiasaan masyarakat Lampung yang hobi menyantap durian sambil meminum kopi hitam. Mereka hobi mencelupkan durian mereka kedalam kopi hitam karena memberikan sensasi rasa yang unik dan menarik. Namun bagi beberapa orang, menikmati durian sambil minum kopi hitam dapat menyebabkan mabuk. Akhirnya dengan berbagai macam riset dan percobaan dihasilkan takaran kopi duren yang aman dikonsumsi untuk umum.

Secara keseluruhan Kopi Duren Khas Lampung ini menarik dinikmati. meski saya kurang puas karena dalam racikan sudah tercampur gula sehingga belum dapat merasakan kopi durian asli tanpa tambahan gula. Saat ini Kopi Duren Khas Lampung sudah banyak tersedia di toko-toko sekitar Lampung dan dapat dibeli secara online melalui internet. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ositus.com:

    saya penggemar durian sekaligus kopi, jadi kalo di mix rasanya pasti seru yaa

  2. Dimas:

    Wuiiih…!
    Sedap nian itu pastinya!
    Apalagi nyeruput kopi durennya smbl ngemil pisgor! Ajiiiib…!

Kirim pendapat