Kopi Bumbung, Ngopi Ndeso Dengan Wadah Kopi Dari Batang Bambu

Kopi Bumbung merupakan kedai atau warung kopi yang dikemas secara unik dengan penyajian menggunakan bambu. Selain itu letaknya yang berada dibawah perbukitan membuat suasana warungnya tampak tenang dan jauh dari keramaian. Kedai kopi ini baru dibuka pada awal tahun 2018 dan cukup menarik penikmat kopi untuk datang berkunjung. Kedai kopi ini buka sejak pagi hari hingga menjelang malam hari.

Kopi Bumbung beralamat di dusun Ngampon, desa Margodadi, kecamatan Seyegan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55561.

Lokasi Kedai Kopi Bumbung berada di tengah perkampungan penduduk desa Margodadi dan berada di bawah bukiy Ngampon. Rute menuju kedai kopi ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat melewati Jalan Godean. Kemudian belok ke kanan atau ke arah utara saat tiba di Pasar Godean. Ikutin jalan terus hingga menemui Selokan Mataram dan langsung belok ke kiri tepat menyusuri aliran Selokan Mataram. Ikuti jalan sempit ke arah perkampungan penduduk melewati Mata Air Tuk Sibedug dan beberapa rumah penduduk hingga tiba dilokasi. Area parkir yang disediakan tidak luas namun cukup menampung beberapa kendaraan roda empat. Pengunjung yang parkir dengan membawa kendaraan roda empat diharapkan hati-hati jangan memarkir kendaraan dibawah pohon kelapa agar tidak mengalami kejatuhan buah kelapa.

Menu andalan Kedai Kopi Bumbung adalah kopi bumbung itu sendiri. Selain itu ada banyak pilihan menu minuman lain seperti beras kencur, kunir asam, teh, jeruk, wedang asem, dan es campur. Sedangkan menu makanannya juga bervariasi mulai makanan ringan hingga makanan berat. Menu makanan ringan yang disediakan antara lain mendoan goreng, tempe goreng, singkong goreng, pisang goreng, dan kacang rebus. Makanan berat yang disediakan antara lain sate belut, oseng belut, sayur brongkos, satur lodeh, oseng kangkung, dan oseng pepaya. Pengunjung dipersilakan menulis pesanan terlebih dahulu kemudian diberikan kepada pelayan untuk segera disiapkan.

Baca Juga  Kopi Lanang Malangsari, Kopi Unik Dari Banyuwangi

Penyajian menu Kopi Bumbung di Kedai Kopi Bumbung menggunakan bambu yang dipotong dan dibuat seperti termos, cangkir kosong yang ditutupi daun pisang, alat pengaduk yang terbuat dari bambu, gula pasir, dan camilan sagon kering. Kopi yang digiling kasar ditubruk dengan air panas didalam pipa bambu. Penyajiannya cukup menarik dan jarang ditemukan di kedai kopi yang lain.

Cara menikmati kopi bumbung dengan cara termos atau wadah bambu dibuka kemudian diaduk terlebih dahulu. Selanjutnya daun pisang yang dibentuk sebagai kerucut dapat digunakan sebagai penyaring ampas kopi atau bisa langsung dituangkan ke dalam cangkir. Tambahkan gula sesuai selera atau bila ingin menikmati cita rasa kopi yang sebenarnya tidak perlu ditambahkan gula. Aroma kopinya terasa ringan karena menggunakan kopi berjenis robusta. Namun tidak dijelaskan asal usul kopi yang digunakan. Saat dicicipi ada cita rasa unik kombinasi cita rasa kopi robusta dengan aroma yang ditimbulkan oleh wadah yang terbuat dari bambu.

Penyajian menu pisang goreng disajikan dengan menggunakan piring beralas daun pisang. dalam satu porsi pisang goreng terdiri dari 2 (dua0 potong pisang goreng berukuran sedang. Cita rasa pisang gorengnya menarik dengan tepung yang empuk dan daging buah pisang yang matang. Hanya saja saya masih mengidolakan kesempurnaan pisang goreng yang disajikan Warung Kopi Klotok Sleman. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Kedai Kopi Bumbung tergolong dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Kopi Bumbung dapat menjadi alternatif pilihan ngopi ditengah-tengah perkampungan desa yang jauh dari keramaian kota khususnya apda waktu siang hari. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kopi Bumbung
Dusun Ngampon, desa Margodadi, kecamatan Seyegan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55561

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 18.00 WIB

Kirim pendapat