Kopi Bintang Baru, Oleh-Oleh Kopi Bubuk Khas Bengkulu

Kopi Bintang Baru merupakan salah satu kopi bubuk dengan biji kopi dari Bengkulu. kKeberadaan mewarnai oleh-oleh Kopi Bengkulu selain Kopi Bubuk Cap 1001 yang lebih dahulu terkenal. Kop ini menggunakan biji kopi pilihan berjenis kopi robusta yang diambil dari perkebunan kopi di yang tersebar di beberapa lokasi seperti Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang.

Kopi Bintang Baru adalah kemasan Kopi Bengkulu yang diolah dari biji kopi pilihan. Pembelian dan pemesanan dapat dilakukan di tempatnya yang beralamat di Jalan Bangka No. 25 Bengkulu.

Kemasan Kopi Bubuk Bintang Baru Bengkulu

Kopi Bintang Baru khas Bengkulu yang dibuat sebagai oleh-oleh dikemas dalam bungkus plastik bening. Kemasan terkesan sederhana karena hanya menggunakan plastik bening tanpa dilapisi kardus. namun kemasan plastik tersebut cukup rapat dan melindung isi di dalamnya dari pengaruh luar. Saat bungkus kopi dibuka, tercium bau kopi yang khas. Bila Anda merupakan ahli kopi pasti dapat membedakan bau atau aroma yang dihasilkan dari Kopi Bengkulu ini.

Proses penyeduhan Kopi Bengkulu seperti menyeduh kopi biasa dengan air mendidih langsung dituangkan kedalam gelas atau cangkir yang telah terisi satu sendok makan kopi. Warna kopi yang telah diseduh sedikit berwarna kecoklatan bercampur warna hitam. Secara kasat mata memang tidak dapat dibedakan warna kopi jenis yang satu dengan kopi jenis yang lain. Baunya sedikit tajam dengan aroma yang unik karena sedikit berbau coklat.

Baca Juga  Kopi Kampung, Cita Rasa Kopi Khas Munduk Bali

Ketika dicoba pertamakali, Kopi Bengkulu memiliki rasa cukup lembut meskipun cukup kental. Mirip dengan Kopi Toraja (Kalosi) campuran meskipun saya lebih memilih Kopi Toraja campuran tersebut. Hingga secangkir kopi habis diminum, saya belum menemukan sensasi rasa yang menonjol dari Kopi Bengkulu ini entah karena kualitas kopi yang kurang bagus atau memang beginilah jenisnya. Kesimpulannya memang perlu merasakan Kopi Bengkulu yang disajikan atau diproses langsung dari biji kopi yang masih segar karena akan terlihat keunikan rasa dan aroma kopi tersebut. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. giewahyudi:

    Duh aku belum posting soal ini padahal kemarin dari Bengkulu beli kopi asli sana, mereknya Kopi 1001.

Kirim pendapat