Kopi Ampirono, Ngopi Sambil Melihat Pemandangan Persawahan Kulon Progo

Kopi Ampirono merupakan rumah makan dan tempat ngopi yang berkonsep suasana pedesaan dengan pemandangan area persawahan luas di daerah Nanggulan Kulon Progo. Kemasannya mirip seperti Warung Geblek Pari Nanggulan yang ada didekatnya namun dikemas lebih modern dengan sebagian tempat duduk dan penataan area yang kekinian. Pengunjung yang menyasar anak-anak muda dapat bersantai di tempat ini sambil menikmati hidangan khas pedesaan.

Kopi Ampirono beralamat di Jalan Raya Kaligesing, dusun Tileng, desa Pendoworejo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55674.

Lokasi Kopi Ampirono berada di area perbukitan pegunungan Menorehbagian bawah yang dikelilingi oleh terasering persawahan. Rute termudah menuju tempat ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat melewati Jalan Godean. Ikuti jalan lurus ke arah barat hingga menyebrangi jembatan Sungai Progo dan menemukan perempatan lalu lintas Kenteng Nanggulan. Pilih jalan lurus ke arah Pasar Kenteng Nanggulan atau mengikuti papan petunjuk arah menuju ke obyek wisata Kedung Pedut dan Goa Kiskendo. Sesampai di area Pasar Wage Kenteng, ikuti jalan tersebut hingga perlahan-lahan naik dan melewati jembatan. Posisi rumah makan ini berada pada sebuah tanjakan jalan pada sisi kiri jalan. Area parkir yang disediakan tidak luas namun dapat menampung beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua.

Menu utama yang ditawarkan Kopi Ampirono adalah sajian kopi dan teh khas perbukitan Menoreh. Selain itu menu makanan dan minuman lain yang ditawarkan tergolong standar dan hampir sama dengan warung atau rumah makan yang lain. Masakan khas desa yang disediakan ada sayur brongkos, sayur lodeh, sayur daun ketela, dan sop sayur. Lauk yang disediakan ada telur dadar goreng, cakar bacem, tahu bacem, dan ikan pindang. Untuk minuman sendiri, warung ini menyediakan jeruk, serai, soda gembira, jahe, dan teh bunga rosella. Tidak ketinggalan camilan seperti pisang goreng. tempe goreng, dan tentu saja geblek khas Kulon Progo.

Baca Juga  Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta Dan Sejarah Dalem Jayadipuran

Sajian menu Kopi Klotokan di Kedai Kopi Ampirono menggunakan cangkir tanggung dari kaca bening. Warna kopi agak kecoklatan dan tidak terlihat pekat. Cita rasa sajian kopinya cenderung biasa namun bisa ditutupi dengan nyamannya suasana. Bila ingin menikmati cita rasa kopi khas Perbukitan Menoreh yang terbaik bisa berkunjung ke Kedai Kopi Suroloyo di Puncak Bukit Suroloyo. Sementara itu menu geblek yang saya pesan cita rasanya tergolong standar sama seperti cita rasa geblek yang dibeli di tepi jalan atau di pasar-pasar sekitar Kulon Progo.

Fasilitas pendukung di Kopi Ampirono cukup lengkap mulai dari mushola untuk beribadah, kamar mandi umum, wifi, hingga spot selfie. Kopi Ampirono dapat menjadi pilihan bersantai, ngopi, dan ngemil sambil menikmati pemandangan persawahan Kulon Progo tanpa harus jauh-jauh ke warung kopi di kawasan puncak Perbukitan Menoreh seperti Kopi Suroloyo dan Kopi Pari. Selain itu rumah makan ini dapat direkomendasikan sebagai tempat bersantap pagi, siang bahkan malam ketika berwisata di Perbukitan Menoreh khususnya ke Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Grojogan Sewu, Goa Kiskendo, dan sebagainya yang melewati area Pasar Wage Kenteng Nanggulan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kopi Ampirono
Jl. Raya Kaligesing, dusun Tileng, desa Pendoworejo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55674

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat