Kolam Segaran, Waduk Mini Peninggalan Kerajaan Majapahit Di Mojokerto

Kolam Segaran, Waduk Mini Peninggalan Kerajaan Majapahit Di Mojokerto
4 (80%) 1 vote

Kolam Segaran Majapahit merupakan kolam raksasa peninggalan zaman kerajaan Majapahit yang ditemukan di kawasan Situs Trowulan Mojokerto. Keberadaannya sudah dipugar dan diberi pagar keliling untuk melindungi bangunan cagar budaya. Pengunjung dapat melihat kolam ini dari tepi jalan karena jalan yang dilalui merupakan akses utama ke perkampungan dan Museum Trowulan Majapahit.

Kolam Segaran Majapahit beralamat di dusun Trowulan, desa Trowulan, kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Lokasi Kolam Segaran Majapahit berada di dekat Museum Trowulan Majapahit dan masuk dalam lingkaran kawasan peninggalan Kerajaan Majapahit Trowulan. Cukup mudah menemukan tempat ini karena dapat diakses langsung sejauh 500 meter dari Jalan Raya Jombang-Mojokerto.

Kolam Segaran Majapahit ditemukan dalam zaman penjajahan Belanda tepatnya tahun 1926 oleh Henriy Mclain Pont. Kolam purbakala ini ditemukan dalam kondisi tertimbun tanah. Belum diketahui penyebab mengapa kolam ini sampai tertimbun tanah hingga tidak terlihat dari permukaan. Pada tahun 1966 dilakukan pemugaran awal untuk mengetahui seberapa luas area Kolam Segaran dan pemetaan kawasan kolam ini. Baru pada tahun 1974 dilakukan pemugaran total dengan penggalian kolam dan perbaikan bagian kolam yang mengalami kerusakan.

Kolam Segaran Majapahit berbentuk persegi panjang dengan luas sekitar 6,5 hektar. Sisi terpanjang kolam mencapai 375 meter dan sisi terpendek sekitar 175 meter. Pada sekeliling kolam dibangun tanggul atau dinding setebal 1,6 meter dengan kedalaman mencapai 2,8 meter. Dinding tersebut tersusun oleh batu bata berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang hampir seragam dan membentuk pola memanjang. Pada bagian sisi barat terdapat tangga turun menuju ke dasar atau area kolam. Pada sisi tenggara terdapat saluran air menuju ke arah kolam dan pada sisi barat terdapat saluran air keluar dari kolam. Ada 2 (dua) saluran air keluar atau pembuangan dimana terdapat di sisi barat laut yang dinamakan Balongdawa (empang panjang) dan di sisi barat daya yang dinamakan Balongbunder (empang bunder). Kondisi pipa atau saluran air tersebut saat ini kurang berfungsi normal karena mangalami pendangkalan.

Para arkeolog masih melakukan penelitian mengenai fungsi pembangunan Kolam Segaran Majapahit. Diduga pembangunan kolam berukuran raksasa tersebut digunakan untuk waduk dan penampungan air. Beberapa cerita sejarah hingga mitos mewarnai keberadaan kolam ini meskipun cerita tersebut belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarnya. Sekedar informasi tambahan, pada catatan sejarah menyebutkan bahwa kolam ini ditulis dalam Kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca.

Baca Juga  Menikmati Secangkir Kopi di Sudut Kota Magetan

Aktivitas yang sering terlihat di Kolam Segaran Majapahit adalah para pemancing ikan di kolam. Mereka yang datang memancing tidak mengenal waktu dimana da yang datang sejak pagi hari, siang hari, hingga malam hari. Beragam jenis ikan banyak ditemukan di kolam ini karena beberapa waktu lalu pernah disebar benih ikan oleh instansi setempat. Pengunjung diperbolehkan memancing ikan dengan alat pancing biasa namun dilarang untuk melakukan kegiatan ilegal seprti menyetrum ikan atau memberi obat ikan biar ikannya lemas dan muncul dipermukaan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kolam Segaran Majapahit
Dusun Trowulan, desa Trowulan, kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*

Kirim pendapat