Tlogo Putri Kaliurang Sleman, Kolam Renang Itu Tinggal Kenangan

Tlogo Putri Kaliurang pada zaman dahulu dikenal sebagai kolam renang dari sumber mata air alami di kawasan Tlogo Muncar. Sedangkan orang jaman sekarang lebih mengenal nama tersebut sebagai kawasan wisata yang terdiri dari wisata air (embung), dan wisata alam (hutan wisata). Salah kaprah penyebutan nama Tlogo Putri menenggelamkan keberadaan Tlogo Putri yang sebenarnya yaitu pemandian atau kolam renang.

Kolam Renang Tlogo Putri berada di dalam kawasan wisata Tlogo Muncar Kaliurang, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Bangunan Pemandian Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Lokasi Kolam Renang Tlogo Putri Kaliurang berada di dalam kawasan Tlogo Muncar Kaliurang atau berada di sisi timur kawasan Wisata Alam Kaliurang. Nama Tlogo Muncar Kaliurang saat ini lebih dikenal dengan nama Tlogo Putri karena keberadaan papan nama kolam renang tersebut yang terpapang jelas diatas bangunan dan ketiadaan papan nama Tlogo Muncar. Dari luar, bangunan Kolam Renang Tlogo Putri cukup mencolok karena paling besar dan memiliki dua buah lantai dengan kolam renang di area lantai dua.

Kondisi Kolam Renang Tlogo Putri Kaliurang saat ini sudah tutup atau tidak lagi digunakan sebagai kolam renang. Sejarah Kolam Renang Tlogo Putri dibangun pada era tahun 80-an untuk meningkatkan daya tarik pariwisata. Hampir dua dekade, Kolam Renang Tlogo Putri Kaliurang menjadi primadona wisata bersama dengan Kolam Renang Tlogo Nirmala. Kemunduran Kolam Renang Tlogo Putri Kaliurang mulai tampak ketika bermunculan daya tarik wisata baru di sekitar Yogyakarta dan ketiadaan penambahan fasilitas di kolam renang tersebut. Puncaknya setelah peristiwa bencana Gempa Jogja 2006 kondisi Kolam Renang Tlogo Putri berangsur-angsur mulai sepi meskipun akhir pekan. Tidak diketahui kapan tepatnya Kolam Renang Tlogo Putri Kaliurang ini tutup. Namun yang jelas pada pertengahan 2015 pintu masuk kolam renang tersebut sudah tertutup rapat meskipun akhir pekan.

Baca Juga  Pantai Ngunggah Gunungkidul, Tingginya Tebing Dan Perjalanan Yang Melelahkan

Ketiadaan dana untuk biaya perbaikan Kolam Renang Tlogo Putri Kaliurang akibat gempa dan sepinya kunjungan wisatawan di tempat ini menjadi alasan utama penutupan kolam renang tersebut. Pemerintah daerah setempat sepertinya tidak berencana memperbaiki atau pembangun fasilitas kolam renang tersebut karena kurang dimintai wisatawan. Nasib Kolam Renang Tlogo Putri sepertinya akan berakhir sama dengan Kolam Renang Tlogo Nirmala yang tutup lebih awal dan saat ini telah menjadi area parkir Bukit Plawangan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat