Klenteng Hok An Kiong Muntilan

Klenteng Hok An Kiong Muntilan
2.5 (50%) 4 votes

Klenteng Hok An Kiong Muntilan merupakan tempat peribadatan umat Khong Hu Cu yang berada di kota kecamatan Muntilan, kabupaten Magelang. Bangunan klenteng ini merupakan satu-satunya di kota kecamatan tersebut dan dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Keberadaannya mudah diketahui karena berada di tepi jalan utama yang membelah kawasan pertokoan dan pasar di kota kecamatan Muntilan.

Klenteng Hok An Kiong terletak di Jalan Pemuda No. 100 Muntilan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Papan Nama  Klenteng Hok An Kiong Muntilan Magelang

Lokasi Klenteng Hok An Kiong berada di tepi Jalan Pemuda Muntilan tepatnya sebelah kanan jalan sebelum Pasar Muntilan dan Terminal Bus Muntilan. Tidak banyak yang tahu bahwa keberadaan klenteng ini berkaitan erat dengan sejarah keberadaan kota kecamatan Muntilan yang saat ini tumbuh menjadi kota kecil. Di depan bangunan klenteng ini terdapat sebuah jalan raya yang menghubungkan antara kota Yogyakarta dengan kota Magelang. Hingga saat ini keberadaan jalan raya tersebut masih menjadi satu-satunya jalan yang menghubungkan antar kedua kota tersebut.

Sejarah mencatat, Klenteng Hok An Kiong dibangun pertama kali pada tahun 1878 bersebelahan dengan Pasar Muntilan. Namun pada tahun 1906 bangunan klenteng tersebut dipindah di lokas sekarang yang ditempati. Tidak heran bila banyak catatatn sejarah merujuk pada tahun 1906 karena bangunan klenteng dibangun ulang di tepat yang berbeda. Pada tahun 1929 bentuk bangunannya disempurnakan, ditandai dengan prasasti di tiang pintu pagar bertuliskan ANNO 11–5–1929. Pembangunan klenteng ini tidak lepas dari banyaknya warga keturunan China yang tinggal di Muntilan sama seperti di daerah lain. Beberapa sumber menyebutkan bahwa keberadaan warga China di Muntilan ini tidak lepas dari pembentukan kota Magelang sebagai kawasan militer yang memaksa sebagian warga China di kota Magelang untuk menyingkir ke arah selatan yaitu ke Muntilan.

Sejak dibangunnya Klenteng Hok An Kiong di Muntilan, kawasan ini tumbuh sebagai pusat perdagangan yang cukup pesat. Belanda sempat membuat jalur kereta api yang menghubungkan antara kota Yogyakarta dengan kota Magelang yang melewati kawasan Muntilan ini. Keberadaan bekas jalur kereta api masih terlihat pada tiang sinyal yang masih tertancap di tepi jalan Pemuda depan klenteng.

Bangunan Klenteng Hok An Kiong Muntilan Magelang

Tidak mengherankan bila rumah-rumah yang dibangun di sepanjang jalan raya yang bernama Jalan Pemuda hingga saat ini ditinggali oleh warga keturunan China. Bangunan rumah mereka berjajar rapi di depan dan di samping Klenteng dengan desain rumah yang hampir sama meskipun saat ini sudah banyak yang dibongkar dan diganti dengan bangunan baru. Antara warga pribumi dengan warga keturunan China sudah membaur satu sama lain dan menghargai perbedaan yang ada.

Melihat bangunan Klenteng Hok An Kiong cukup terawat dengan baik dan mengalami beberapa perbaikan. Sepertinya klenteng ini mengalami perluasan area halaman, karena agak kurang wajar bila luas bangunan klenteng yang kecil memiliki ukuran halaman beberapakali lipat dari luas bangunan. Akhirnya didapat informasi bahwa dahulu sebagian halaman merupakan lahan bioskop Kartika yang saat ini telah gulung tikar. Cukup disayangkan, Klenteng Hok An Kiong ini tertutup untuk dimasuki pengunjung umum yang ingin melihat-lihat atau memotret. Namun dipersilakan bagi pengunjung yang ingin beribadat atau bersembahyang di klenteng ini. Alasannya cukup jelas yaitu Dewa yang tinggal di dalam klenteng tidak mau dikunjungi oleh pengunjung yang tidak melakukan sembahyang.

Meski dilarang untuk dimasuki, para pengunjung masih diperbolehkan berada di halaman Klenteng Hok An Kiong untuk sekedar melihat isi klenteng dari luar dan berfoto di luar klenteng. Saya sempat mengabadikan beberapa sudut luar Klenteng Hok An Kiong ini. Setiap perayaan umat Kong Hu Cu, klenteng ini ramai dengan hiasan-hiasan khas China dan pemandangan umat yang datang untuk sembahyang silih berganti. Pada Perayaan Hari Raya Waisak, klenteng ini terlihat sepi dan tidak ada aktivitas karena prosesi perayaan Waisak dilakukan di Klenteng Kota Magelang, Candi Mendut, dan Candi Borobudur. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Klenteng Hok An Kiong Jl. Pemuda No. 100 Muntilan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. trinity:

    aku pernah nonton ini di tv! menarik buat di kujungi :)

    *sebagian text dihapus admin*

Kirim pendapat