Kicak, Jajanan Ramadhan Dari Kauman Yogyakarta

Kicak, Jajanan Ramadhan Dari Kauman Yogyakarta
3 (60%) 1 vote

Kicak khas Yogyakarta atau lebih tepat disebut sebagai Kicak khas Kauman merupakan jajanan tradisional yang berbeda dengan kicak-kicak yang lain. Jajajan tradisional ini hanya ditemui pada saat bulan puasa atau bulan ramadhan saja sebagai hidangan pembuka puasa.

Kicak khas Kauman terbuat dari jaddah (ketan yang ditumbuk halus), gula, parutan kelapa, nangka, pandan, dan vanili. Biasanya jajanan unik ini banyak diperjualbelikan di kawasan Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman Yogyakarta yang berada di sebelah barat Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Jajanan ini dikemas dan diperjualbelikan dalam wadah plastik berukuran persegi dengan ukuran 5 x 5 cm. Harganya cukup terjangkau dan hampir sama dengan harga jajanan lain yang diperjualbelikan di kawasan pasar sore ramadhan tersebut. Saat ini cukup banyak pedagang yang memperjualbelikan jajanan kicak di sekitar Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman tersebut.

Cikal bakal jajanan Kicak khas Kauman ini konon pertama kali dibuat oleh salah satu warga Kauman beberapa dekade tahun yang lalu. Pada awalnya kicak dibuat dengan menggunakan ketan yang ditumbuk namun seiring dengan perkembangan jaman ketan ditumbuk digantikan oleh jadah. Tujuan makanan kicak ini dibuat sebagai hidangan pembuka puasa yang sarat akan energi untuk menggantikan energi setelah seharian berpuasa. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat