Bersantap Pagi di Ketupat Sayur Surya Kencana

Berangkat pagi-pagi dan terburu-buru menuju kota Bogor membuat kami belum sempat sarapan. Kami pikir kami bisa sarapan di kota Bogor sambil menikmati suasana pagi. Namun kegitu keluar dari stasiun, warung-warung kakilima yang ada di stasiun Bogor belum buka dan akhirnya kami berkeliling sekitar kota Bogor dengan berjalan kaki. Memasuki Kebun Raya Bogor, obyek wisata ini belum buka karena masih terlalu pagi.

Warung kakilima Ketupat Sayur Surya Kencana (Pak Adka) beralamat di Jl. Surya Kencana No.143 Bogor. Buka sejak pagi hari hingga pukul 09.00 pagi.

Warung Kakilima Ketupat Sayur Surya Kencana

Kami kembali berjalan di sekitar kawasan pertokoan dekat Kebun Raya Bogor dengan harapan menemukan warung atau rumah makan yang menyediakan kuliner menarik khas Bogor. Sebagian besar warung yang kami lewati masih tutup dan belum membuka dagangannya. Beruntung, dari kejauhan ada warung kakilima yang cukup ramai dan kami tertarik untuk sarapan di warung tersebut.

Warung kakilima ini bernama Ketupat Sayur Surya Kencana dan hanya menyajikan hidangan berupa ketupat sayur khas Bogor saja. Minuman yang disediakan pun hanya satu macam yaitu teh hangat. Warung ini cukup sempit dan hanya menggunakan emperan toko yang masih tutup. Meja kursi yang penuh dengan pelanggan membuat kami harus antri dan menunggu sejenak hingga pelanggan meninggalkan warung.

Meracik Ketupat Sayur

Setelah mendapat tempat duduk, kami langsung memesan Ketupat Sayur kepada penjual Ketupat Sayur Surya Kencana yang sedang sibuk melayani pembeli. Sebagian pembeli memilih untuk membungkus atau dibawa pulang karena suasana warung yang sangat ramai dan kurang nyaman. Ketupat Sayur yang disediakan di warung ini ada dua macam, satu ketupat sayur biasa dan satunya lagi ketupat sayur dengan tambahan lauk telur ayam rebus.

Baca Juga  Nasi Pecel Mirasa Bu Wo Depan Terminal Lama Madiun

Akhirnya seporsi Ketupat Sayur tersaji di meja kami lengkap dengan minuman teh hangat yang disediakan oleh warung Ketupat Sayur Surya Kencana. Penyajian Ketupat Sayur ini cukup menarik dan menggugah selera. Sepiring penuh porsi Keupat Sayur yang terdiri dari potongan ketupat, sayur jipang dengan kuah santan, telur ayam rebus utuh yang dipotong-potong, taburan bawang goreng, dan emping goreng diatasnya. Bau harum dan segar dari Ketupat Sayur membuat kami tidak sabar ingin mencicipinya.

Seporsi Ketupat Sayur

Rasanya cukup enak untuk ukuran Lontong Sayur meskipun ini baru kali pertama saya mencicipi makanan ini. Potongan telur ayam rebus cukup memberikan nutrisi untuk aktivitas pagi. Meski sederhana, makanan ini mampu menarik minat pengunjung dari berbagai kalangan untuk mencicipinya. Namun saya tidak dapat menghabiskan seporsi Ketupat Sayur karena sudah kekenyangan dan tidak terbiasa makan banyak saat sarapan.

Harga yang harus dibayar cukup murah untuk ukuran warung kakilima di kota Bogor. Saya tidak menyesal untuk kembali mencicipinya apabila berkunjung ke kota Bogor saat pagi hari. Bila merasa satu porsi Ketupat Sayur terlalu banyak untuk sarapan pagi, kita dipersilakan memesan setengah porsi saja. (text/foto: annosmile)

User Review
( votes)

Kirim pendapat