Fungsi, Pengaturan, dan Saran KERS Pada E-Scooter Xiaomi Mijia M365

Penjelasan

Kinetic Energy Recovery System (KERS) adalah sistem pada otomotif dimana melakukan pemulihan energi kendaraan saat pengereman. Energi kinetik ini diubah menjadi energi listrik saat kendaraan tidak digas atau dilakukan pengereman secara elektris/ Energi pemulihan yang diterima biasanya kembali disimpan pada baterai sebagai daya utama. Pada E-Scooter Xiaomi Mijia M365 Classic/Pro, KERS ini kembali mengisi daya pada baterai utama. Teknologi ini menjadi salah satu keunggulan utama E-Scooter Xiaomi Mijia M365 Classic/Pro dalam promosinya.

Pengaturan

Pengaturan atau settingan KERS pada E-Scooter Xiaomi Mijia M365 Classic/Pro dapat dilakukan melalui aplikasi bawaan Xiaomi yaitu Mi Home atau aplikasi 3rd party seperti m365 tools atau m365 dashboard. Ada (tiga) pilihan pengaturan KERS pada e-scooter Xiaomi ini yaitu Weak, Medium, Strong. Menurut informasi, semakin tinggi setingan KERS maka akan semakin tinggi pula pemulihan energi yang dihasilkan. Namun efek negatifnya, penggunaan settingan KERS yang tinggi dapat menyebabkan dinamo dan controller panas hingga terbakar.

Pengaturan tambahan kapan KERS akan bekerja hanya dapat diatur melalui custom firmware. Pada settingan defaultnya, KERS mulai bekerja mulai kecepatan 3 km/jam dan saat motor/dinamo tidak aktif atau tidak digas/disupply daya. Settingan KERS biasanya dimatikan atau disable bila ingin unlock speed atau meningkatan kecepatan maksimal dari settingan pabrikan yang dibatasi 25 km/jam.

Baca Juga  Daftar Alamat Cabang Melotronic Di Yogyakarta

Rekomendasi

Sebaiknya pilih mode “Weak/Low” pada pengaturan Energy Recovery Mode (KERS) karena tidak berpengaruh pada pengisian ulang baterai dengan energi kinetik. Selain itu pemilihan mode “Strong” dapat berakibat membakar kontroler dan dinamo akibat panas yang berlebih (overheat). Beberapa sumber menyebutkan pengisian ulang baterai dengan mengaktifkan fitur KERS hanya mendapatkan <2% baterai dari total perjalanan mengendarai e-scooter Xiaomi Mijia M365. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat