Kereta Api Sri Tanjung, Transportasi Penghubung Yogyakarta Dengan Banyuwangi

Kereta Api Sri Tanjung, Transportasi Penghubung Yogyakarta Dengan Banyuwangi
2.5 (50%) 2 votes

Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung merupakan rangkaian kereta api dengan tujuan Yogyakarta – Banyuwangi yang diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Kereta api ini menggunakan gerbong jenis ekonomi yang saat ini telah dilengkapi fasilitas pendingin AC. Sebagian gerbong yang digunakan telah menggunakan gerbong baru yang diproduksi sendiri oleh Industri Perkeretaapian Indonesia.

Jpeg

Perjalanan Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung dimulai dari stasiun Lempuyangan yang berada di pusat kota Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan menjadi stasiun awal keberangkatan Kereta Api Sri Tanjung dikarenakan stasiun tersebut khusus melayani trayek kereta api kelas ekonomi. Tiket Kereta Api Sri Tanjung saat ini dapat dibeli secara offline di loket pembelian stasiun atau secara online di website resmi PT Kereta Api Indonesia.

Perbaikan manajemen dan fasilitas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) membuat jadwal keberangkatan kereta api tepat waktu. Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung berangkat pukul 07.20 dari Stasiun Lempuyangan sesuai jadwal yang telah tertulis di papan informasi jadwal kereta api dan pada tiket kereta api. Penumpang kereta api diharapkan tepat waktu dan datang 30 menit sebelum pemberangkatan untuk mempersiapkan diri.

Kereta Api Sri Tanjung Saat Melewati Jembatan Layang Lempuyangan Yogyakarta

Kereta Api Sri Tanjung berjalan cukup cepat ke arah timur menuju ke arah Solo dengan melewati jalur kereta api double track. Jalur kereta api double track yang telah selesai pembangunannya sejak satu dekade tahun yang lalu cukup memperlancar lalulintas jalur kereta api yang cukup padat. Namun jalur rel kereta api double track hanya sampai wilayah Solo/Surakarta saja. Untuk jalur ke arah timur sebagian besar masih berupa single track. Kelemahan sistem single track adalah kereta api harus saling bergantian untuk menggunakan jalur kereta api.

Beberapa stasiun kereta api menjadi pemberhentian sementara Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung untuk menaikkan penumpang. Tercatat Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung berhenti sebentar di stasiun Klaten, stasiun Purwosari Solo, stasiun Sragen, Stasiun Walikukun, dan beberapa stasiun yang lain. Beberapa stasiun besar juga menjadi pemberhentian Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung.

Kereta Api Sri Tanjung Berhenti Menuju Kereta APi Lain Lewat

Kebijakan baru PT Kereta Api Indonesia yang melarang adanya pedagang asongan masuk kawasan stasiun membuat kondisi stasiun tampak bersih dan tidak terkesan kumuh. Hal ini merupakan langkah positif dalam memperbaiki kinerja dan layanan PT Kereta Api Indonesia untuk masyarakat yang menggunakan transportasi jenis ini. Namun hal ini sedikit merugikan penumpang karena penumpang hanya mendapatkan pilihan makanan dari restorasi kereta api saja. Sedikit informasi, harga makanan yang disediakan restorasi cukup mahal dan porsinya sedikit.

Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung berhenti sekitar 10-15 menit di Stasiun Surabaya Gubeng untuk berganti lokomotif dan arah perjalanan. Waktu berhenti Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung terbilang singkat dibandingkan sebelum dilakukan pembenahan dimana berhenti lebih dari satu jam. Sambil menunggu pergantian lokomotif, penumpang dipersilakan di dalam kereta api atau berada di sekitar stasiun. Setelah lokomotif terpasang, Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Banyuwangi.

Pemberhentian Akhir Kereta Api Sri Tanjung Di Stasiun Banyuwangi

Perjalanan Kereta Api Sri Tanjung akhirnya tiba di stasiun pemberhentian akhir yaitu Stasiun Banyuwangi Baru pada pukul 20.24. Waktu kedatangan di Stasiun Banyuwangi hanya sedikit meleset dari jadwal kedatangan yang tercantum pada tiket yang tertulis pukul 20.07. Sedikitnya selisih waktu kedatangan bisa dikatakan kereta api datang tepat waktu. Sebelum adanya pembenahan, Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung tiba di Stasiun Banyuwangi Baru (Ketapang) pada tengah malam.

Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung masih menjadi satu-satunya pilihan jenis kereta api yang melayani tujuan Yogyakarta-Banyuwangi. Belum ada pilihan kereta api lain yang menghubungkan langsung antara Yogyakarta-Banyuwangi. Alternatif lain untuk menuju ke Banyuwangi dari Yogyakarta dapat menggunakan kereta api tujuan Yogyakarta-Surabaya kemudian dilanjutkan kereta api lain tujuan Surabaya-Banyuwangi begitu sebaliknya dan Kereta Api Wijayakusuma tujuan Cilacap-Banyuwangi. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat