Pengalaman Naik Kereta Api Gajah Wong

Rate this post

Kereta Api Gajah Wong  merupakan kereta api kelas ekonomi AC atau setingkat dibawah kelas bisnis yang diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan menuju Stasiun Pasarsenen Jakarta dan sebaliknya. Kereta api ini diresmikan pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2011 untuk memenuhi permintaan penumpang atas rute kereta tersebut. Nama “Gajah Wong” berasal dari nama salah satu sungai yang melewati wilayah kota Yogyakarta yaitu Kali Gajahwong. Kereta api ini menjadi alternatif pilihan Kereta Api Senja Utama Yogyakarta dan berangkat menjelang malam hari.

Gerbong Penumpang Kereta Api Gajah Wong

Pembelian tiket kereta api saat ini sudah dipermudah dengan pembelian secara online sehingga kita tidak perlu membeli secara manual di loket penjualan tiket. Saya memilih jadwal keberangkatan Kereta Api Gajah Wong sesuai dengan hari dan tanggal yang saya inginkan. Untung saja tiket kereta api masih tersedia dan saya segera membayar untuk mendapatkan kode tiket. Kode tiket nantinya dapat ditukarkan dengan tiket resmi yang dapat dicetak di stasiun. Saya mencetak tiket resmi di loket stasiun beberapa jam sebelum berangkat karena batas maksimal penukaran tiket sekitar satu jam sebelum keberangkatan.

Kereta Api Gajah Wong berangkat sesuai dengan jadwal yang telah tercetak dalam tiket kereta api. Keterlambatan sekitar 5 hingga 10 menit masih saya anggap tepat waktu. Beberapa stasiun yang menjadi pemberhentian kereta api ini adalah Stasiun Wates, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kebumen, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kroya, Stasiun Purwokerto, Stasiun Cirebon, Stasiun Cikampek, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara dan berakhir di Stasiun Pasarsenen Jakarta. Waktu kedatangan di Stasiun Pasarsenen sedikit terlambat setengah jam bahkan satu jam lebih dan bagi saya ini masih wajar.

Lampu Indikator Gerbong Penumpang Kereta Api Gajah Wong

Gerbong Kereta Api Gajah Wong telah dilengkapi dengan pendingin udara atau Air Conditioning (AC). Keberadaan AC di dalam gerbong cukup menambah kenyamanan penumpang kereta api dan mengurangi panas di dalam gerbong yang sebelumnya hanya menggunakan ventilasi udara atau angin jendela. selain itu colokan listrik sudah dilengkapi di samping tempat duduk penumpang dan dapat dipergunakan secara gratis. Bentuk tempat duduk mirip seperti tempat duduk kelas ekonomi dengan ciri khas utama penumpang duduk saling berhadapan. Bedanya seat tempat duduk yang digunakan di gerbong kelas Ekonomi AC ini 2-2 dan bukan 3-2.

 

Keamanan cukup baik terlihat para petugas keamanan berlalu lalang melintasi gerbong. Dengan slogan kereta ekonomi AC yang bebas dari keberadaan pedagangan asongan, nampaknya hal tersebut tidak terbukti. ketika memasuki stasiun Karangtengah dan stasiun Cirebon, para pedagang asongan memasuki ke dalam gerbong kereta api walaupun jumlahnya hanya satu hingga tiga orang saja. Cukup disayangkan lampu indikator di dinding gerbong hanya memberikan informasi berupa huruf lajur kursi dan lampu indikator pemakaian kamar mandi. Saya berharap alangkah lebih bermanfaat kalau ditambah informasi mengenai waktu dan nama stasiun yang akan dilewati sehingga para penumpang bisa lebih bersiap-siap. Akhirnyan saya tiba di kota Bekasi tanpa ada keterlambatan yang berarti. menurut saya kereta ini memang cocok digunakan sebagai alternatif melakukan perjalanan ke jakarta dengan biaya yang murah tapi bukan murahan.

== Informasi Jadwal Kereta Api

-----------

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. arqu3fiq:

    Weh….keren kereta baru, pasti baunya masih baru barang interiornya. Dengan penumpang orang Indonesia saya kira tidak lama lagi menjadi kotor kereta tersebut, apalagi pedagang asongan berseliweran di dalam gerbong. Semoga semua penumpang bisa ikut menjaga kereta baru tersebut supaya tetap bagus dan bisa di gunakan terus.

Kirim pendapat

error: Content is protected !!