Pertama Kali Menggunakan Kereta Api Bengawan Dari Jakarta Ke Purwokerto

Kereta Api Bengawan akhirnya menjadi pilihan kami untuk menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Purwokerto. Sebelumnya ada beberapa kereta ekonomi yang menjadi pilihan namun karena jadwal keberangkatan yang terlalu sore akhirnya memilih Kereta Api Bengawan. Kereta api ini melayani rute perjalanan dari stasiun Pasarsenen Jakarta hingga stasiun Purwosari Solo.

Kereta Api Bengawan merupakan kereta api kelas ekonomi yang melayani tujuan Pasarsenen Jakarta – Lempuyangan Yogyakarta dan sebaliknya. Nama “Bengawan” berasal dari nama sungai Bengawan Solo yang membelah kawasan Solo (Surakarta).

Suasana Gerbong Kereta Api Bengawan

Kereta Api Ekonomi Bengawan diberangkatan dari stasiun Pasarsenen sebagai stasiun awal keberangkatan. Kereta api ini tidak berhenti dan menaikkan penumpang di sepanjang stasiun yang dilewati di wilayah Jabodetabek seperti stasiun Jatinegara dan stasiun Bekasi. Calon penumpang Kereta Api Bengawan diharapkan menuju ke Stasiun Pasarsenen terlebih dahulu bila ingin menaiki kereta api ekonomi ini. Sesuai jadwal, Kereta Api Bengawan diberangkatkan pada siang hari dan diperkirakan tiba di stasiun tujuan yaitu Purwowasi Solo pada tengah malam atau dini hari.

Kami memilih menggunakan Kereta Api Ekonomi Bengawan karena memiliki jadwal keberangkatan paling awal dibandingkan kereta api ekonomi yang lain dengan tujuan yang sama. Kami merencanakan turun di kota Purwokerto saat waktu belum terlalu malam untuk mempermudah mencari transportasi umum. Kota Purwokerto merupakan salah satu kota di propinsi Jawa Tengah yang kehidupannya tidak 24 jam seperti kota metropolitan. Menjelang malam hari suasana kota Purwokerto berangsur-angsur sepi dan akan semakin sulit mencari transportasi umum.

Suasana Kereta Api Bengawan tidak jauh beda dari Kereta Api Progo, memiliki gerbong yang sama berikut fasilitas AC dan kamar mandi. Yang membedakan antara Kereta Api Bengawan dengan Kereta Api Progo adalah selisih harga tiket dimana tiket Kereta Api Bengawan lebih mahal sepuluh ribu ketimbang Kereta Api Progo. Disamping itu, jarak Kereta Api Bengawan lebih jauh yakni hingga stasiun Purwosari Solo sedangkan Kereta Api Progo hanya sampai stasiun Lempuyangan Yogyakarta.

Stasiun Purwokerto

Perjalanan menggunakan Kereta Api Bengawan ini tidak ada kendala, perjalanan terasa cepat hingga menjelang sore hari sudah tiba di stasiun Cirebon. Namun perjalanan dari Cirebon menuju ke Purwokerto terasa lama karena beberapa kali berhenti untuk memberikan jalan kepada kereta api kelas bisnis dan eksekutif yang akan lewat.

Hingga tiba di Stasiun Purwokerto, perkiraan waktu yang dituliskan dalam tiket Kereta Api Bengawan sedikit meleset dan molor hampir satu jam. Meski masih perlu banyak perbaikan, saya cukup salut dengan waktu perjalanan kereta api kelas ekonomi yang lebih singkat dan hampir sama kereta api kelas bisnis. Sepertinya jalur ganda rel kereta api yang baru saja dibangun cukup berpengaruh untuk memangkas waktu tempuh perjalanan dengan menggunakan kereta api. (text/foto: annosmile)

== Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Bengawan

Dewasa: Rp 95.000,-/orang

== Informasi Jadwal Kereta Api

Baca Juga  Melihat Kondisi Transportasi Laut Penyeberangan Jawa Bali

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. sang nanang:

    tahun lalu juga pernah nyoba kereta bengawan, nunut hingga Kutoarjo selepas Isya’

  2. Hanif Mahaldi:

    lama tidak naik kereta api… pengen lagi, padahal deket tinggal ke stasiun tugu jogja. tapi tujuannya tidak tahu kemana. hehe

Kirim pendapat