Kepik Sawah, Resto Pedesaan Dengan Pemandangan Persawahan

Kepik Sawah, Resto Pedesaan Dengan Pemandangan Persawahan
Rate this post

Kepik Sawah merupakan restoran atau warung yang dikemas dengan konsep tempo dulu dengan suasana yang dikelilingi area persawahan. Kemasannya mirip seperti Warung Kopi Klotok di Pakem Sleman meskipun menu makanan yang ditawarkan berbeda. Keberadaannya cukup dikenal sebagai salah satu daya tarik kuliner yang menarik dicicipi di sekitar Jalan Godean selain Sate Kere Godean.

Kepik Sawah terletak di Gang Senuko Jalan Godean, desa Sidoagung, kecamatan Godean, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Kepik Sawah berada di tepi area persawahan daerah Godean Sleman. Rute termudah menuju warung ini dari Tugu Yogyakarta ke arah barat hingga melewati perempatan Ringroad Barat Yogyakarta. Ikuti jalan terus ke arah barat hingga tiba di daerah Sidoagung atau beberapa ratus meter sebeleum pasar Godean. Perhatikan sisi kanan jalan ada papan petunjuk arah kecil masuk ke dalam gang menuju lokasi Warung Kepik Sawah. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan beroda dua.

Area Warung Kepik Sawah terdiri dari beberapa bangunan joglo dan saung (gasebo) yang diatur secara apik agar terlihat menarik dan memberikan kesan suasana tempo dulu. Pada bangunan joglo utama dihias dengan perabot dan hiasan jaman dahulu sehingga memberikan kesan klasik dan tradisional. Tepmpat duduk yang disediakan di joglo utama ini adalah tempat duduk meja kursi saja., Sedangkan beberapa joglo dan saung kecil dibelakang diberi alas tikar untuk duduk secara lesehan. Hal yang menarik adalah pengunjung dapat duduk menikmati hidangan sambil melihat pemandangan sawah yang mengelilingi warung ini. Menurut informasi, warung ini mampu menampung pengunjung (kapasitas) hingga 100 orang dimana tempat duduk terbagi meja kursi dan lesehan.

Menu makanan yang ditawarkan Warung Kepi Sawah cukup bervariasi mulai dari Gadon, Garang Asem, Lele Bakar Saus Kacang, Wader Balado, Sambal Klonyom, Steak Tempe, Carang Gesing. Untuk minuman sendiri terbagi dalam minum tradisional, minuman ringan lokal tempo dulu (old time local soft drink), dan minuman biasa. Minuman tradisional yang ditawarkan sebagian besar sudah dikenal seperti wedang tape, wedang tape susu, wedang uwuh, wedang bajigur, wedang jahe, wedang susu jahe, kunir asem, dan beras kencur. Untuk minuman ringan lokal tempo dulu (old time local soft drink) antara lain Sarsaparila AY-WHA, Limun Lecy ORANG KAJA, Coffe Cream NDORO BEHI, Soda Citroen, dan Soda Soemingrah.

Penyajian menu makanan Warung Kepik Sawah menggunakan piring dari rotan yang diberi lapisan daun pisang. Untuk menu makanan berkuah pengecualian dengan mangkuk keramik atau kaca.

Kekurangan dari Warung Kepik Sawah adalah tidak semua menu yang tercantum dalam daftar menu selalu tersedia. Beberapa hal yang cukup fatal dimana beberapa menu andalan warung ini tidak tersedia dikarenakan belum ada stok atau suplai. Padahal menu-menu tersebut adalah menu yang banyak diinginkan tamu ketika berkunjung ke warung ini. Harga yang ditawarkan warung ini tergolong standar untuk harga warung atau rumah makan yang menawarkan suasana tempo dulu dan pedesaan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kepik Sawah
Gang Senuko Jl. Godean, desa Sidoagung, kecamatan Godean, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 22.00 WIB

Kirim pendapat