Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri
3 (60%) 1 vote

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong merupakan bangunan peribadatan kepercayaan masyarakat Tionghoa di kabupaten Kediri. Klenteng ini berusia lebih dari satu abad dan telah mengalami beberapa kali renovasi dan pembangunan. Keberadaannya cukup mudah diketahui karena berada di pusat kota Kediri dan di tepi jalan utama.

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong terletak di Jalan Yo Sudarso No. 148 Kediri, Jawa Timur.

Lokasi Kelenteng Tjoe Hwie Kiong berada di tepi Jalan Yos Sudarso yang banyak didiami oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Posisi klenteng ini berada di tepi jalan yang berbelok dan berhimpit dengan pemukiman warga.

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri dibangun pada 1895 oleh orang-orang keturunan Tionghoa di Kediri. Mereka secara bergotong royong mengumpulkan dana untuk bersama-sama membangun tempat ibadah ini. Mereka kebanyakan adalah para imigran yang berasal dari daerah Fujian di Tiongkok yang datang ke Indonesia pada zaman penjajahan Belanda untuk memperbaiki nasib. Pengunjung yang datang ke klenteng hanya diperbolehkan berfoto dibagian luarnya saja oleh penjaga klenteng. Pad abagian dalamnya tidak diperkenankan untuk difoto atau diambil gambar karena hal tersebut sudah aturan dari klenteng itu sendiri. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kelenteng Tjoe Hwie Kiong
Jl. Yos Sudarso No. 148 Kediri, Jawa Timur 64129

Kirim pendapat