Kelebihan dan Kekurangan Litter Dari Sekam Padi

Sekam padi merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk alas atau litter kandang ayam. Sebagian besar peternak ayam atau unggas di Indonesia menggunakan bahan ini karena mudah di dapat dan harganya paling murah diantara yang lain. Litter kandang digunakan pada awal pemeliharaan ayam dari umur DOC hingga umur 2 minggu.

Kandang Ayam Yang Menggunakan Litter Sekam Padi

Penggunaan litter yang baik salah satunya ketebalan minimal 10 cm dari lantai kandang panggung (baterai). Selain itu minimal 2 (dua) hari sekali litter tersebut dibolak balik agar permukaan atas yang bersentuhan dengan ayam selalu kering. Bila struktur litter dari sekam padi sudah padat (menyatu) maka segera ganti dengan sekam padi yang baru. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan litter dari sekam padi :

Kelebihan Litter dari Sekam Padi

  • Harga paling murah diantara bahan yang lain
  • Bahan mudah didapat karena merupakan limbah pertanian padi
  • Bekas litter sekam padi dapat dijual sebagai pupuk kandang atau kompos

Kekurangan Litter dari Sekam Padi

  • Daya serap airnya tidak baik atau buruk
  • Boros dalam pemakaian sekam padi
  • Tidak meningkatkan performa ayam
  • Bila kondisi litter sekam padi basah dapat menimbulkan penyakit ngorok pada anak ayam

Kesimpulan, penggunaan litter pada kandang seharusnya selalu tebal dan selalu kering agar kandang terasa lebih segar karena rendahnya amoniak yang ditimbulkan oleh kotoran ayam. (text/foto: annosmile, dari berbagai sumber)

 

Baca Juga  Proses Pengapuran Kandang Ayam Broiler

 

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    kenalin mas saya fajar, lagi belajar beternak ayam. mau tanya ni kalo boleh, jadi manakah alas yang baik untuk ayam kampung diatas satu bulan, skam padi atau pasir, makasih duluan ya mas

Kirim pendapat