Kelebihan Dan Kekurangan Honda Beat FI

Kelebihan Dan Kekurangan Honda Beat FI
3.4 (68%) 5 votes

Honda Beat FI yang saya beli pada tahun 2013 cukup mendapat perhatian saya. Selama penggunakan sepeda motor jenis skuter matic tersebut, saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai motor tersebut diantaranya :

KELEBIHAN

  • Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit. Honda Beat FI yang menggunakan sistem pengapian injeksi diklaim lebih irit sebesar 30% dibandingkan dengan sistem pengapian karbulator. Walaupun saat saya mencoba melakukan tes hanya mencapai persentase kisaran 15-25% saja. Konsumsi bahan bakar sepeda motor sangat dipengaruhi oleh cara pemakaian dan kondisi jalan yang dilalui.
  • Akselerasi Cukup Baik. Akselerasi Honda Beat FI mengalami peningkatan dibandingkan versi sebelumnya meskipun diimbangi dengan penambahan berat motor. Dalam pengujian dari kecepatan 0 km hingga 60 km hanya membutuhkan waktu sekitar 7,3 detik. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh merk oli mesin yang digunakan.
  • Mesin Lebih Ramah Lingkungan. Honda Beat FI menggunakan mesin injeksi 110 cc dan tercatat memiliki emisi terbaik dengan nilai CO 0,143 gr/hm. Angka HC yang dimiliki juga sebesar 0042 gr/KM dan Nox 0,031 gr/Km. Pengujian tersebut dilakukan oleh balai pengujian layak jalan dan sertifikasi kendaran bermotor pada tahun 2013 yang lalu.
  • Bagasi Lebih Lebar Dibandingkan Versi Sebelumnya. Honda Beat FI memiliki kapasitas bagasi sebesar 11 liter yang cukup luas dan melebar. Pengguna dapat menaruh beberapa barang didalamnya seperti tas kecil, jas hujan, dan sebagainya. Hanya saja helm tidak dapat masuk ke dalam bagasi tersebut.

KEKURANGAN

  • Sistem Kelistrikan Honda Beat FI Kurang Stabil. Kecacatan ini hanya terjadi pada beberapa motor saja dan tidak terjadi secara menyeluruh. Hal ini disebabkan karena rendahnya kontrol kualitas produk motor matic Honda Beat FI yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia. Sepertinya pabrikan kurang menyadari masalah ini dan terkesan mengabaikan. Dealer atau service resmi hanya menyarankan penggantian sparepart yang rusak tanpa ada solusi. Kasus semacam ini dapat menyebabkan aki cepat soak hingga lampu cepat putus/mati seperti yang saya alami.
  • Rendahnya Angka Top Speed. Dalam beberapa kali penggunaan Honda Beat FI cukup sulit menaikkan kecepatan ketika memasuki angka 90 km/jam. Walaupun akselerasi kendaraan cukup lumayan dari angka 0 hingga 60 km/jam. Penggunaan oli merk lain ternyata tidak cukup mempengaruhi peningkatan angka top speed. Bagi saya hal tersebut tidak masalah karena saya lebih sering menggunakan kecepatan pada kisaran 50 km hingga 80 km saja.
  • Jenis Ban Yang Digunakan Masih Ban Biasa
  • Bagasi Belum Bisa Digunakan Untuk Menaruh Helm

Kirim pendapat