Kelebihan dan Kekurangan Skuter Elektris Xiaomi Mijia M365

E-Scooter atau skuter elektris/listrik Xiaomi Mijia M365 Classic/Pro memiliki kelebihan atau keunggulan diantaranya

1. Harga E-Scooter Terjangkau

E-Scooter Xiaomi Mijia M365 tergolong skuter elektris kelas menengah dengan kisaran harga dibawah 10 juta rupiah (atau dibawah $700). Harganya cukup kompetitif dan mampu bersaing dengan merk lain untuk digunakan aktivitas sehari-hari. Dengan harga yang terjangkau tersebut, skuter elektris Xiaomi menjadi salah satu pilihan utama skuter elektris di berbagai negara.

2. Memenuhi Standar dan Sertifikasi E-scooter Di Berbagai Negara

Standar dan sertifikasi yang mendukung pemakaian E-Scooter Xiaomi Mijia M365 di berbagai negara antara lain :

  • UL2272 Certified by CSA. Sertifikasi internasional UL2272 yang pertama kali dipergunakan oleh Amerika Serikat dan Canada. Sertifikasi UL2272 merupakan standar keselamatan listrik dan baterai pada kendaraan listrik atau elektris. Sertifikasi ini sangat penting untuk melindungi pengguna dari bahaya yang ditimbulkan oleh skuter elektris. Jadi pastikan skuter elektris yang dibeli atau digunakan memiliki sertifikasi ini.
  • LTA (Land Transport Authority) Approved. LTA adalah regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah/negara setempat mengenai penggunakan transportasi di jalanan salah satunya adalah e-scooter atau skuter elektis/listrik.

3. Sparepart Mudah Dicari

Sparepart atau suku cadang E-Scooter Xiaomi Mijia M365 cukup mudah dicari atau dibeli. Pengguna skuter elektris dapat memilih sparepart yang asli (original), kw (non-iriginal), dan 3rd party (custom). Khusus di Indonesia sendiri, sparepart skuter elektris ini dapat dibeli secara online dan offline. Pembelian secara offline dapat dilakukan di toko skuter elektris di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Batam. Sedangkan pembelian secara online dapat melalui toko online atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Aliexpress.

Baca Juga  Problem Downgrade BLE Firmware E-Scooter Xiaomi Mijia M365 Ke Versi BLE 072 Dan Peringatan Sent Retry

4. Memiliki Komunitas Pengguna Di Setiap Negara

Walaupun tidak resmi dibentuk oleh pabrikan Xiaomi (Mi), di masing-masing negara terdapat komunitas yang merangkul seluruh pengguna E-Scooter Xiaomi Mijia M365 baik seri Classic ataupun seri Pro. Dari komunitas tersebut, pengguna dapat saling bertukar pengalaman mengenai penggunaan skuter elektrisnya. Di Indonesia sendiri, komunitas pengguna skuter elektris Xiaomi telah terbentuk walau tidak resmi dengan member seluruh Indonesia. Info lebih lengkapnya bisa membaca artikel ini Komunitas Skuter Elektris E-Scooter Xiaomi Mijia M365

——-

Disamping memiliki kelebihan, E-Scooter Xiaomi Mijia M365 juga memiliki kekurangan diantaranya

1. Tidak Dirilis Resmi Di Setiap Negara

E-Scooter Xiaomi Mijia M365 tidak dirilis secara resmi di setiap negara karena terbentur masalah regulasi masing-masing negara. Di Indonesia ssendiri, E-Scooter Xiaomi Mijia M365 baik yang seri Classic ataupun yang Pro tidak dirilis secara resmi. Produk skuter elektris Xiaomi yang dijual bebas dipasaran merupakan barang impor dari distributor yang bergaransi internasional atau hanya berupa garansi distributor saja. Akibatnya pengguna skuter elektris tidak dapat mengklaim garansi kerusakan ataupun melakukan servis di cabang toko resmi (official store) Xiaomi Indonesia dimanapun.

2. Tidak Memiliki Suspensi

E-Scooter Xiaomi Mijia M365 tidak memiliki suspensi untuk mengurangi getaran jalanan yang kurang/tidak rata baik bagian roda depan maupun bagian roda belakang. Hal ini mengakibatkan efek yang kurang nyaman saat melintasi jalanan yang tidak rata, rusak, atau jalan berpaving.

Baca Juga  Kelebihan Dan Kekurangan Ban Solid Pada E-Scooter

3. Kecepatan Maksimal hanya 25km/jam

E-Scooter Xiaomi Mijia M365 hanya memiliki kecepatan maksimal (top speed) sekitar 25 km/jam. Hal ini sesuai dengan spesifikasi skuter elektris yang mengacu kepada beberapa peraturan penggunaan skuter elektris di berbagai negara di dunia.

4. Suku Cadang Harus Import

Pengguna Xiaomi Mijia M365 Electric Scooter harus membeli suku cadang skuter listrik dari luar negeri (import). Alasannya karena di Indonesia sendiri sangat sulit menemukan toko yang menjual suku cadang baik original hingga non original untuk Xiaomi Mijia M365.

Kirim pendapat