Keindahan Sunset dibalik Kotornya Pantai Pandan Mino

Keindahan Sunset dibalik Kotornya Pantai Pandan Mino
Rate this post

Nama Pantai Pandan Mino baru saya ketahui ketika perjalanan pulang dari Pantai Patehan beberapa waktu lalu. Kali ini baru ada kesempatan saya menengok Pantai Pandan Mino yang ternyata merupakan pantai yang baru saja dibuka sebagai objek wisata.

Pantai Pandan Mino berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah barat daya Kota Bantul danbersebelahan dengan Pantai Pandansimo.

Dalam perjalanan menuju pantai Pandan Mino melewati jalur Samas-Serandakan, kami melihat banyak spanduk yang mempromosikan kawasan wisata pantai ini. Disebutkan bahwa Pantai Pandan Mino merupakan pantai baru yang bersih, nyaman, dan teduh karena masih banyak terdapat tumbuhan khas pantai yang rindang. Saya semakin penasaran mengenai pantai yang dipromosikan secara gencar tersebut.

Rute menuju Pantai Pandan Mino sama dengan rute menuju ke Pantai Pandansimo. Namun sebelum memasuki area Pantai Pandansimo, ada penunjuk arah belok ke kiri untuk menuju Pantai Pandan Mino. Jalan menuju pantai ini masih berupa jalan tanah bercampur batuan. Sepertinya promosi wisata Pantai Pandan Mino ini terlalu terburu-buru padahal dari infrastruktur dan fasilitas belum selesai dibangun.

Ketika menyusuri jalanan tanah, saya melihat berderet kincir angin yang berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga angin. Pemandangan ini membuat kami kagum karena keberadaan kincir angin sebagai pembangkit listrik ini belum pernah kami temukan selama kami berpetualang kesana kemari.

Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Angin ini diprakarsai oleh oleh Kemenristek, LAPAN dan Kabupaten Bantul. Ide ini memanfaatkan angin pantai untuk memutarkan 46 kincir yang berbeda-beda ukuran diameternya. Konon tenaga listrik yang dihasilkan mencapai lebih dari 1000watt disetiap kincirnya. Di sekitar Pantai Pandan Mino juga terdapat pembangkit listrik lain berupa solar-cell.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin ini memanjang hingga ke area parkir wisata Pantai Pandan Mino. Saya melihat beberapa kincil tidak berputar, apakah sedang mengalami kerusakan. Karena saya melihat kincir angin yang lain berputar dengan normal. Sebelum memasuki tepi pantai, saya melihat beberapa pohon cemara udang ditanam rapi di tepi pantai. Sepertinya sepanjang pantai selatan di Bantul sedang diusahakan penanaman pohon Cemara Udang untuk menahan angin laut untuk mencegah pengikisan gumuk pasir. Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pantai yang sukses ditanami pohon Cemara Udang dan menjadi perintis pantai-pantai lain di Kabupaten Bantul.

Tiba di tepi pantai, kekecewaan tampak dari muka kami. Pantai Pandan Mino terlihat kotor oleh sampah-sampah yang berserakan dan promosi akan keindahan pantai serta kebersihannya hanyalah isapan jempol belaka.

Kondisi pantai tidak layak dijadikan objek wisata karena telah kotor akibat sampah dan banyak tanaman khas pantai yang rusak. Wajar ketika kami menunggu matahari terbenam, pantai sangat sepi pengunjung dan tidak ada wisatawan lain selain kami.

Momen sunset yang ditunggu akhirnya tiba. Perlahan-lahan matahari tenggelam di lautan yang luas. Pemadangan sunset dari Pantai Pandan Mino cukup indah, sehingga menutup kekecewaan kami mengunjungi kawasan wisata ini. Dibalik rusaknya Pantai Pandan Mino, masih tersimpan keindahan sunset yang menawan ini. Namun kami berharap kerjasama masyarakat dan pemerintah dapat mengembalikan keindahan pantai ini seperti semua agar wisatawan mau kembali berwisata ke tempat ini

== Tiket Masuk

Gratis = Tidak ada pos penarikan tiket

Ada 8 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. marsudiyanto:

    Saya pernah kesana tapi sudah lama sekali…
    Saat itu masih lumayan bersih

  2. mila:

    sayang bangeeettt :(

  3. Jeng Anna:

    sunsetnya indah banget euy….;)

  4. MrTeachers:

    Pingen kesana ..ada yg ngajak gak yah?

  5. azizhadi:

    Keren euy sunsetnya.. :D

  6. mattwahyu:

    Jadi pingin kesana nih, kapan ya

  7. bapake anake:

    semoga manusia selalu dapat menjaga keindahan alam ini

  8. obby:

    kapan kapan kesana waktu sunset ah, kayanya bagus banget
    dimarahin mama gag ya??  :)

Kirim pendapat