Keindahan Sunset dari Puncak Mercusuar Pandansari

Keindahan Sunset dari Puncak Mercusuar Pandansari
Rate this post

Pantai Pandansari yang dahulu dikenal dengan nama Pantai Patehan merupakan salah satu kawasan wisata pantai di kabupaten Bantul. Keberadaannya jarang diketahui karena bukan kawasan wisata unggulan daerah. Sebagian besar pengunjung Pantai Pandansari didominasi oleh warga sekitar. Saat ini Pantai Pandansari mulai menjadi bahan pembicaraan setelah dibangun mercusuar di tepi pantai.

Pantai Pandansari atau Pantai Patehan terletak di desa Gadingsari, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul. Keunikan pantai ini adalah keberadaan mercusuar yang tingginya sekitar 50 meter.

Menara Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Lokasi Pantai Pandansari atau Patehan berada disebelah barat Pantai Samas yang kini dilalui oleh Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Akses jalan sudah cukup baik dan dapat dilalui oleh kendaraan besar seukuran bus. Rute terdekat dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Bantul kemudian terus kearah Jalan Pantai Samas. Dari simpangan jalan Pantai Samas belok ke kanan mengikuti papan petunjuk arah menuju Pantai Pandansari.

Retribusi masuk Pantai Pandansari merupakan retribusi satu pintu dimana dapat menuju ke pantai didekatnya tanpa membeli tiket masuk kembali. Pemandangan kawasan Pantai Pandansari hampir sama dengan pemandangan pantai-pantai lain di kawasan Bantul. Pantai ini memiliki cirikhas berupa pantai landai berpasir kuning kecoklatan. Disekitarnya banyak dijumpai tanaman cemara udang namun tidak selebat Pantai Kuwaru ataupun Pantai Goa Cemara.

Tangga Menara Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Warung-warung penjual makanan minuman cukup banyak ditemukan di Pantai Pandansari ini. Namun sebagian diantaranya hanya buka ketika akhir pekan atau hari libur saja. Pemandangan pantai terkesan membosankan karena hanya berupa pantai landai tanpa ada daya tarik lain. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya sampah di kawasan pantai yang terkesan tidak pernah dibersihkan.

Keberadaan sebuah menara mercusuar yang dibangun di pinggir Pantai Pandansari sepertinya menarik untuk dikunjung sebagai obat kekecewaan saat mengunjungi Pantai Pandansari. Saat ini mercusuar Pantai Pandansari telah dibuka untuk wisata umum. Pengunjung dipersilakan mengisi buku tamu dan membayar retribusi masuk kedalam mercusuar. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di dalam area mercusuar agar lebih terjaga keamanannya.

Pemandangan Sisi Sebelah Timur Pantai Pandansari Bantul

Pengunjung Mercusuar Pantai Pandasari dibatasi jumlahnya untuk menjaga keamanan dan beban bangunan. Konstruksi bangunan mercusuar sebagian besar berbahan logam yang kuat. Memasuki bangunan mercusuar yang sempit, pengunjung diharuskan menaiki tangga jalan yang bentuknya melingkar untuk menuju ke atas mercusuar.

Bunyi langkah kaki pengunjung menggema di dalam Mercusuar Pantai Pandansari. Di beberapa tingkatan tangga terdapat jendela kecil untuk melihat pemandangan ke berbagai sisi mercusuar. Di area jendela tersebut terdapat sedikit ruang untuk melepas lelah saat mendaki tangga menuju puncak Mercusuar Pantai Pandansari. Cukup melelahkan karena satu-satunya cara naik ke atas puncak mercusuar hanyalah melewati tangga saja.

TeamTouring Di Mercusuar Pantai Pandansari Patehan

Beberapa menit berselang akhirnya pengunjung tiba di puncak Mercusuar Pantai Pandansari. Area puncak Mercusuar Pandansari cukup sempit hanya dapat ditempati kurang dari 10 orang. Dibagian tengah puncak mercusuar terdapat lampu suar yang dihidupkan ke arah laut pada saat malam hari.

Di sekeliling lampu suar terdapat pagar pembatas yang terbuat dari besi. Pengunjung dilarang bersandar pada pagar pembatas karena kondisinya sudah berkarat dan rapuh. Namun pengunjung diperboleh duduk berlama-lama di puncak mercusuar hingga menjelang malam atau ketika petugas menyalakan lampu suar.

Pemandangan Matahari Terbenam Dari Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Pemandangan dari puncak Mercusuar Pantai Pandansari cukup menarik dan mengambil sudut dari ketinggian. Pemandangan dari ketinggian memang cukup langka di kawasan wisata pantai di kabupaten Bantul. Saat melihat ke sisi timur terhampar garis pantai yang meluas hingga ujung berupa bukit Parangendog di timur Pantai Parangtritis. Saat menghadap ke sisi barat terhampar garis pantai yang terlihat tidak berujung karena berupa pantai landai tanpa perbukitan. Muara Sungai Progo yang luas pun terlihat kecil dari tempat ini. Saat menghadap ke arah utara tampak berdiri dengan gagah Gunung Merbabu dan Gunung Merapi bila langit sedang cerah.

Mercusuar Pantai Pandansari ini cocok digunakan untuk menikmati matahari terbenam atau sunset dari ketinggian. Matahari akan tenggelam di dalam samudera yang luas tanpa ada penghalang apapun. Pemandangannya hampir sama ketika menikmati matahari terbenam dari Bukit Parangendog. Namun tantangannya sedikit berbeda karena harus menaiki tangga untuk menuju ke puncak. (text/foto: annosmile)

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mila:

    sbnrnya pantai di indonesia keren2 ya.. sayang orang2 nya ga pedulian.
    keren bgt sunset nya…

  2. mawi wijna:

    sepertinya sore hari ini saya akan meniru jejak sampeyan, hahaha :D

  3. zee:

    Saya belum pernah berhasil motret Sunset yang indah… Mungkin someday ya.
    Kemarin foto supermoon ga….

    • admin:

      nggak foto supermoon..sama aja klo di dalam lensa..
      pake lensa super zoom walaupun bukan supermoon bisa keliatan gede..hehe :)

  4. aming:

    sunset nya keren gan…
    jadi pengen ke pantai nih….

  5. mursid:

    itu pantainya masih natural banget ya mas?

Kirim pendapat