Kedung Merang Kulon Progo, Tersembunyi Di Kawasan Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Merang merupakan salah satu air terjun di kawasan wisata alam Air Terjun Kedung Pedut yang jarang didengar. Keberadaannya sedikit tersembunyi di atas Air Terjun Kedung Pedut dan belum dibuatkan akses jalan yang layak menuju lokasi. Air Terjun Kedung Merang diperkenalkan sebagai wisata alternatif bersama dengan Kedung Merak dan Kedung Lanang.

Air Terjun Kedung Merang terletak kawasan Air Terjun Kedung Pedut, dusun Kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Air Terjun Kedung Merang Kulon Progo Dari Atas Bukit

Letak Air Terjun Kedung Merang Kulon Progo berada di sebelah atas dari kawasan Air Terjun Kedung Pedut atau tepat berada disebelah bawah Air Terjun Kedung Merak. Akses menuju Air Terjun Kedung Merang melewati jalan setapak menuju ke Air Terjun Kedung Merak. Namun belum dipasangnya papan nama lokasi membuat pengunjung yang baru pertama kali datang tidak mengetahui keberadaan air terjun tersebut.

Penampakan Air Terjun Kedung Merang Kulon Progo

Air Terjun Kedung Merang Kulon Progo merupakan air terjun kedua tertinggi di dalam kawasan Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang dari 10 (sepuluh) meter dengan arah jatuhan air mengikuti dinding bebatuan yang miring. Pada bagian dasar air terjun terdapat kolam kecil dengan kedalaman hingga 1.5 meter. Cukup menarik dibandingkan dengan Air Terjun Kedung Merak yang berada di sebelah atasnya.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Yogyakarta

Jejak pengunjung masih sangat jarang di kawasan Air Terjun Kedung Merang karena letaknya cukup tersembunyi dan berada di dekat tebing jurang. Pengunjung yang ingin mengunjungi Air Terjun Kedung Merang diharapkan berhati-hati karena medan jalan yang sulit dijangkau dan cukup curam. Saran buat pengelola segera dibuatkan pagar pengaman dan akses jalan yang layak menuju ke lokasi. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Kedung Merang
Kawasan Air Terjun Kedung Pedut, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 3.000,-/orang
Parkir motor : Rp 2.000,-
Parkir mobil : Rp 5.000,-

PETA

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    air terjun tersembunyi lebih menantang untuk dikunjungi … bagi yang senang blusukan sih
    asyikkk juga ada kolam untuk berenangnya …. pasti pada kepengen jeburrrr

Kirim pendapat