Kedung Merak Kulon Progo, Air Terjun Diatas Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Merak Kulon Progo merupakan daya tarik alternatif yang berada dalam kawasan Air Terjun Kedung Pedut. Ukuran air terjun yang kecil dan sempitnya area di sekitar air terjun membuat pengelola memasukkannya sebagai daya tarik tambahan dalam kawasan wisata ini. Dengan diperkenalkannya Air Terjun Kedung Merak diharapkan mampu menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Air Terjun Kedung Pedut.

Air Terjun Kedung Merak terletak kawasan Air Terjun Kedung Pedut, dusun Kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Pemandangan Air Terjun Kedung Merak Kulon Progo

Letak Air Terjun Kedung Merak Kulon Progo berada di sebelah atas dari kawasan Air Terjun Kedung Pedut. Kedua air terjun tersebut masih dalam satu aliran sungai yang sama dan berasal dari Air Terjun Kembang Soka yang letaknya beberapa puluh meter disebelah atasnya. Akses menuju ke Air Terjun Kedung Merak justru lebih dekat dan lebih dahulu dilewati sebelum menuju ke lokasi Air Terjun Kedung Pedut. Namun demikian sebagian besar pengunjung lebih memilih langsung menuju ke Air Terjun Kedung Pedut dibandingkan mampir sejenak di air terjun ini.

Jatuhan Air Terjun Kedung Merak Kulon Progo

Air Terjun Kedung Merak merupakan air terjun mini atau kecil dalam kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang dari 5 (lima) meter dengan arah jatuhan air mengikuti lekukan dinding bebatuan. Pada bagian dasar air terjun terdapat kolam kecil dengan kedalaman hingga 1.5 meter. Lumayan cocok digunakan untuk bermain air dan berenang di kawasan air terjun kecil ini. Batuan disekitar terlihat unik karenanya bentuknya seperti kotak persegi panjang.

Baca Juga  Mie Ayam Pak Untung Barat Aniem Kotagede Yogyakarta

Aliran Air Dari Kedung Merak Kulon Progo

Secara keseluruhan Air Terjun Kedung Merak Kulon Progo cukup menarik dikunjungi walaupun luas areanya cukup sempit. Kolam dibawah air terjun yang memiliki kedalaman sekitar 1-1.5 meter cukup aman digunakan untuk berenang dan bermain air. Kondisi air cukup bersih karena aliran air berasal dari sumber mata air. Pengunjung diharapkan berhati-hati di lokasi air terjun ini karena jauh dari pengawasan pengelola air terjun yang terpusat di sekitar kawasan Air Terjun Kedung Pedut. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Air Terjun Kedung Merak
Kawasan Air Terjun Kedung Pedut, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 3.000,-/orang
Parkir motor : Rp 2.000,-
Parkir mobil : Rp 5.000,-

PETA

Kirim pendapat