Kedung Kempul Imogiri Dan Cerita Tentang Gamelan Gaib

Rate this post

Kedung Kempul merupakan air terjun paling atas di kawasan Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok Imogiri Bantul. Keberadaannya jarang diketahui karena jauhnya jarak serta sulitnya akses menuju ke air terjun ini. Pengelola memasukkan kawasan ini sebagai daya tarik wisata tambahan dengan cerita yang terpendam pada air terjun tersebut.

Air Terjun Kedung Kempul berada di kawasan Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok yang beralamat di kampung Godean RT 06, dusun Siluk 1, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DIY.

Kedung Kempul Di Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok Imogiri Bantul

Lokasi Air Terjun Kedung Kempul berada di sebelah atas Air Terjun Kedung Dowo yang berada dalam kawasan Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok. Akses menuju Air Terjun Kedung Kempul baru dapat melalui bebatuan tepi sungai dan belum dibuat jalan setapak menuju lokasi. Kondisi Kedung Kempul hampir sama dengan Kedung Dowo dengan ciri air terjun kecil dan sedikit bertingkatan. Pemandangan Kedung Kempul terlihat kurang menarik dan sedikit mengecewakan pengunjung yang jauh-jauh menyusuri aliran sungai menuju ke tempat ini.

Cerita mengenai Kedung Kempul dari juru kunci Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok adalah sebagai tempat menyimpan perangkat gamelan yang disebut kempul. Kempul merupakan salah satu perangkat yang ditabuh dan biasanya digantung bersama dengan gong. Wujud kempul atau perangkat gamelan ini gaib dan tidak dapat dilihat oleh orang biasa. Pada zaman dahulu masyarakat memiliki keyakinan pada gamelan gaib ini bahwa bila kempul tersebut ingin dibunyikan atau dibutuhkan masyarakat akan muncul dengan sendirinya. Bunyi kempul tersebut cukup nyaring dan enak untuk didengarkan. Beberapa puluh tahun yang lalu, Kempul tersebut diminta seseorang yang kono dari Yogyakarta dan diganti dengan kempul yang lain. Sejak saat itu kempul atau gamelan gaib tersebut tidak menampakkan diri lagi. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat