Kedung Dowo Di Dalam Kawasan Wisata Alam Kedung Tolok Imogiri

Kedung Dowo Di Dalam Kawasan Wisata Alam Kedung Tolok Imogiri
Rate this post

Air Terjun Kedung Dowo merupakan air terjun ke empat dari lima buah air terjun yang terdapat dalam kawasan Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok Imogiri. Keberadaannya dijadikan wisata pelengkap karena lokasinya cukup jauh dari area parkir dan ketinggian air terjun ini cukup rendah.

Air Terjun Kedung Dowo (Dawa) berada di kawasan Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok yang beralamat di kampung Godean RT 06, dusun Siluk 1, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DIY. ‘Dowo’ dalam bahasa Jawa berarti ‘panjang’ dan pemberian namanya sesuai dengan panjangnya kolam dibawah air terjun

Kedung Dowo Imogiri Yang Cocok Buat Mandi Anak-Anak

Lokasi Air Terjun Kedung Dowo berada disebelah atas Air Terjun Kedung Gupit di dalam kawasan Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok. Akses menuju ke Air Terjun Kedung Dowo dengan menyusuri tepi aliran sungai ke arah atas dari Grojogan Kedung Tolok. Pengunjung diharuskan berjalan diantara bebatuan yang kondisinya licin dan basah akibat percikan air. Pengelola belum sepenuhnya membuat akses jalan menuju air terjun ini karena lebih terfokus pada daya tarik utama Air Terjun Grojogan Kedung Tolok. Perjalanan menuju air terjun ini berkisar 5-10 menit dari area parkir Wisata Alam Grojogan Kedung Tolok.

Kedung Dowo Inogiri Dari Atas Tebing

Kondisi Air Terjun Kedung Dowo masih terlihat alami dibandingkan beberapa air terjun yang ada dibagian bawahnya. Air terjun ini berada pada aliran sungai yang sempit dan dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar yang cukup lebat. Ketinggian air terjun ini kurang dari 2 meter dengan kolam memanjang pada bagian bawahnya. Air Terjun Kedung Dowo merupakan salah satu daya tarik saat melakukan jelajah aliran sungai atau canyoning. Ketinggian air terjun yang cukup rendah membuat tempat ini lebih tepat disebut sebagai aliran sungai. Kolam besar yang memanjang di kawasan Kedung Dowo menarik digunakan untuk berenang dan bermain air di sungai. Anak-anak sekitar sering memanfaatkan tempat ini untuk mandi dan bermain air bila kolam air di kawasan Air Terjun Grojogan Kedung Tolok penuh dengan pengunjung. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ditter:

    Air terjunnya yang ada di foto pertama itu, ya? Rendah banget memang. Dan setuju, kayak aliran sungai biasa… :D

Kirim pendapat