Kedai Kopi Suroloyo, Menikmati Kopi Terbaik Dari Puncak Perbukitan Menoreh

Kedai Kopi Suroloyo merupakan salah satu kedai kopi yang berada di kawasan wisata Puncak Bukit Suroloyo yang dikenal sebagai puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Usaha kedai kopi ini didirikan sekitar tahun 2012 oleh seorang barista yang bernama Mas Win, panggilan akrab dari Windarno. Keberadaannya cukup dikenal mengingat jiwa muda Mas Win yang terus berusaha menghasilkan biji kopi terbaik untuk memuaskan para pecinta kopi.

Kedai Kopi Suroloyo beralamat di dusun Keceme, desa Gerbosari, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55673.

Lokasi Kedai Kopi Suroloyo berada di kawasan wisata Puncak Suroloyo tepatnya pada tikungan jalan depan bangunan Patung Punokawan, dekat dengan area parkir wisata, dan jalur baru menuju puncak Bukit Suroloyo. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area parkir wisata kemudian berjalan kaki menuju warung ini.

Menu kopi yang ditawarkan Kedai Kopi Suroloyo cukup bervariasi meskipun tidak selengkap seperti kedai kopi di daerah perkotaan. Kopi yang disajikan semuanya merupakan kopi suroloyo (kopi menoreh) yang ditanam sendiri oleh Mas Win. Teknik penyeduhan yang disediakan ada 2 (dua) macam yaitu kopi saring dan kopi tubruk. Hal yang menarik adalah kedai kopi ini menyediakan menu espresso dimana jarang ditawarkan oleh kedai kopi yang hanya menyediakan teknik penyeduhan manual (manual brewing). Cara pembuatan espresso di kedai kopi ini tidak menggunakan mesin otomatis melainkan menggunakan alat yang bernama rok presso. Selain itu ternyata kedai kopi ini juga menyediakan penyeduhan kopi dengan alat lain yang disebut dengan mokapot. Saya akhirnya memesan menu americano dimana dasar pembuatannya menggunakan espresso yang diberi tambahan air panas (diencerkan).

Baca Juga  Kopi Sukasari, Salah Satu Pilihan Kopi Khas Bali

Penyajian menu kopi Americano di Kedai Kopi Suroloyo dengan bahan dasar biji kopi robusta dan arabica menggunakan gelas kaca bening berukuran 200ml. Aroma kopi yang pertama kali keluar saat disajikan adalah bau agak gurih khas robusta dan sedikit bau asam khas kopi arabica. Buih atau yang disebut crema terlihat banyak di permukaan atas kopi. Saat pertama kali dicicipi terasa tekstur kopi agak pekat dengan tingkat keasaman sedang dan sedikit pahit. Cukup menarik dengan perbandingan yang pas antara biji kopi robusta dengan biji kopi arabica.

Menu hidangan pendamping kopi di kedai ini cukup terbatasdimana hanya menyediakan gorengan dan mie instant rebus saja. Harga yang ditawarkan tergolong murah untuk sajian kopi dan untuk ukuran menu minuman di kawasan wisata. Secara keseluruhan Kedai Kopi Suroloyo cukup direkomendasikan dan wajib dikunjungi saat berwisata di kawasan Puncak Bukit Suroloyo Kulon Progo. Sedikit saran bila berencana e warung kopi ini disarankan mengontak pemilik warung kopi apakah saat itu warung kopi buka atau sedang libur biar tidak kecewa ketika sampai di lokasi. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

MINUMAN

  • Kopi Arabica
  • Kopi Robusta
  • Kopi Susu
  • Cafelatte
  • Espresso
  • Teh

MAKANAN

  • Tempe Mendoan
  • Pisang Goreng
  • Indomie Rebus/Goreng
INFORMASI
Kedai Kopi Suroloyo
Dusun Keceme, desa Gerbosari, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55673

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d sore/malam

Kirim pendapat