Kebun Teh Tritis Kulon Progo, Menikmati Suasana Tenang dan Sepi

Kebun Teh Tritis merupakan salah satu wisata kebun teh yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Perbukitan Menoreh Kulon Progo. Namanya jarang terdengar dibandingkan dengan Kebun Teh Nglinggo yang sudah lama dikembangkan sebagai obyek wisata. Padahal keduanya sama-sama berada di Perbukitan Menoreh dan jaraknya hanya selisih 1 (satu) kilometer saja.

Kebun Teh Tritis beralamat di dusun Tritis, desa Ngargosari, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Lokasi Kebun Teh Tritis  berada di ujung utara Pegunungan Menoreh yang masih masuk wilayah kabupaten Kulon Progo. Jarak dari pusat kota Yogyakarta menuju perkebunan teh ini sejauh 40 km dengan medan jalan menanjak. Akses jalan terdekat melewati jalan penghubung antara Dekso dengan Samigaluh yang juga mengarah ke Puncak Bukit Suroloyo. Sedang jalan alternatif lain sedikit memutar melewati Goa Kiskendo terlebih dahulu baru menuju ke arah Samigaluh. Rute perjalanan menuju Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo dimulai dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat dengan rute Tugu – Ringroad Barat – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Kenteng. Dari Perempatan Kenteng yang terdapat lampu lalulintasnya ambil ke arah kanan hingga perempatan Dekso yang terdapat tugu dibagian tengah. Dari perempatan Dekso ambil jalan ke arah kiri dan ikuti jalan terus hingga tiba di pertigaan Pasar Plono yang terdapat tulisan arah menuju Desa Wisata Nglinggo. Sampai di gerbang masuk Desa Wisata Nglinggo ikuti petunjuk arah menuju Kebun Teh Tritis hingga tiba di lokasi. Akses jalan dari Kebun Teh Nglinggo menuju Kebun Teh Tritis melewati jalanan yang rusak dan sempit. Pengunjung disarankan berhati-hati dalam melintasi jalan.

Baca Juga  Pecel Bu Yeti, Pilihan Sarapan Pagi Di Pasar Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Pemandangan Kebun Teh Tritis sebenarnya kurang menarik karena area kebun teh yang kecil atau tidak luas. Kawasan kebun teh hanya mencakup dua perbukitan kecil yang diapit beberapa puncak perbukitan. Lahan perkebunan teh ini merupaakan lahan milik pribadi diusahakan oleh masyarakat setempat. pada bagian lembah perkebunan teh terdapat sebuah bangunan yang digunakan sebagai sekretariat Kelompok Usaha Bersama (KUB) masyarakat setempat.

Puncak perbukitan terdekat pemandangannya masih terhalang puncak perbukitan yang lain sehingga tidak dapat melihat pemandangan gunung seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung, Merapi. dan Gunung Merbabu. Walaupun banyak kekurangan, kebun teh ini cukup nyaman digunakan untuk bersantai dengan suasana lebih sepi daripada Kebun Teh Nglinggo. Pengunjung masih dapat berjalan ke tengah-tengah area kebun teh karena belum diberi pagar dan masih terlihat alami. Aktivitas jalan-jalan menyusuri area kebun teh ini cukup menarik dilakukan saat pagi hari sambil menghirup udara yang segar. Selain itu tempat ini masih layak menajdi tempat foto atau spot foo dengan laatar perkebunan teh.

Fasilitas pendukung wisata di Kebun Teh Tritis masih sangat terbatas karena belum dioptimalkan pengembangannya. Daya tarik lain yang terdapat di sekitar Kebun Teh Tritis antara lain Puncak Proman Tritis, Puncak Tritis, dan Kedai Kopi Tumaritis. Secara keseluruhan Kebun Teh Tritis dapat menjadi wisata alternatif kebun teh setelah Kebun Teh Nginggo Kulon Progo. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kebun Teh Tritis
Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta