Sekelumit Cerita Tentang Kebun Teh Kalibening Banjarnegara

Rate this post

Keberadaan Kebun Teh Kalibening di kabupaten Banjarnegara memang jarang didengar karena tidak dikembangkan sebagai kawasan wisata dan jarang dipublikasikan dibandingkan kawasan kebun teh yang lain. Di ujung utara kabupaten Banjarnegara terdapat kawasan kebun teh yang secara tidak sengaja kami lewati saat perjalanan menuju ke rumah salah satu kawan di ibukota kecamatan Kalibening.

Pemandangan Kebun Teh Kalibening

Sebut saja kebun teh tersebut bernama Kebun Teh Kalibening karena berada di wilayah kecamatan Kalibening. Area kebun teh kecamatan Kalibening ini tidak mengumpul menjadi satu dan terpisah-pisah menjadi beberapa bagian. Diantara kebun teh yang terpisah terdapat area lahan yang ditanami tanaman lain seperti sayuran dan buah-buahan. Sepertinya sebagian besar kepemilikan lahan kebun teh bukan milik perusahaan pengolahan teh namun milik pribadi para petani yang bekerjasama dengan perusahaan pengolahan teh. Para petani mengusahakan perkebunan teh karena ketinggian lokasi dan jenis tanah cukup cocok ditanami tanaman teh.

TeamTouring Di Kebun Teh Kalibening Banjarnegara

Pemandangan Kebun Teh Kalibening cukup menarik meskipun mungkin tidak seindah pemandangan kawasan kebun teh yang lain. Dengan luas area yang tidak terlalu luas, pemandangan hamparan kebun teh kadang tertutup oleh lebatnya pepohonan lereng gunung atau pemukiman penduduk. Namun keberadaan kebun teh Kalibening masih terlihat alami tanpa keberadaan warung-warung liar yang dibangun di tepi jalan kebun teh.

Menurut informasi, hasil panen tanaman teh di Kalibening ini disetorkan kepada Unit Pengolahan PT Pagilaran di Pekalongan yang letaknya berada di utara Kalibening.

Annosmile Di Kebun Teh Kalibening

Saya mencoba berkeliling dan menemukan beberapa lokasi pemandangan kebun teh Kalibening yang menarik, meskipun sebelumnya harus melewati jalan tanah dan jalan batu yang cukup panjang. Kebun Teh Kalibening cukup menarik untuk dikunjungi untuk melepas penat dengan hawa sejuk pegunungan. Saya lebih suka kondisi kebun teh yang masih alami dan belum terkena perngaruh kawasan wisata. Kondisi kebun teh yang berkembang menjadi kawasan wisata membuat sekitar area menjadi kotor dan muncul bangunan-bangunan yang merusak pemandangan. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Koesmiarto:

    Kebun bagus, kurang perawatan.
    Siapa pemilik Kebun tersebut?
    Bisakah kami bertemu atau komunikasi dgn email atau Hp.atau WA
    Demikian dan salam jumpa.

    • Agung wardhana:

      Klau boleh tahu nama pemilik dan nmr hp/wa/email, krn ada yang minat.

Kirim pendapat