Kebun Binatang Gembira Loka, Salah Satu Wisata Andalan Di Kota Yogyakarta

Kebun Binatang Gembira Loka, Salah Satu Wisata Andalan Di Kota Yogyakarta
3.5 (70%) 2 votes

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan kebun yang mengoleksi beraneka jenis satwa di kota Yogyakarta. Kebun binatang ini menjadi salah satu wisata andalan di pusat kota Yogyakarta selain wisata Kraton Yogyakarta dan Taman Sari. Koleksi satwa yang ditampilkan oleh kebun binatang ini cukup lengkap dan terawat dengan baik.

Kebun Binatang Gembira Loka (Gembiraloka/GLZoo) beralamat di Jalan Kebun Raya No. 2 Yogyakarta.

Gerbang Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka berada di pusat kota Yogyakarta. Rute dari kawasan Nol Kilometer Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Pangeran Senopati, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Kusumanegara. Letak obyek wisata ini berada di tepi aliran Sungai Gajah Wong. Wisatawan dapat menuju ke obyek wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum seperti bus kota, bus TransJogja, andong, becak, taksi, dan ojek.

Danau Buatan Di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Pintu masuk Kebun Binatang Gembira Loka berada di sisi timur aliran Sungai Gajah Wong. Setelah melewati gerbang, pengunjung akan diarahkan melewati area taman yang rindang dan banyak pepohonan yang cukup tinggi. Selanjutnya pengunjung dipersilakan melewati anak tangga dan menyebrangi jembatan Sungai Gajah Wong. Sebelum memasuki area satwa, pengunjung disambut dengan danau buatan yang dibangun di samping aliran Sungai Gajah Wong. Pada bagian tengah danau yang bernama danau Mayang Tirta ini dibangun sebuah bangunan berbentuk kapal megah. Bangunan tersebut digunakan sebagai cafe yang menyediakan beraneka jenis makanan dan minuman serta hiburan.

Koleksi pertama yang dipamerkan Kebun Binatang Gembira Loka adalah satwa gajah lampung. Selain dapat melihat aktivitas gajah, pengunjung dapat menaiki gajah tersebut dan berkeliling area kandang dengan mengeluarkan biaya tambahan. Di dekatnya terdapat koleksi satwa orang hutan, monyet, dan sebagainya.

Koleksi Gajah Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Taman Reptil dan Amfibi (Reptil and Amphibian Park) Kebun Binatang Gembira Loka merupakan kawasan yang berisi beraneka jenis satwa reptil serta satwa yang hidup di dua alam yakni darat dan air. Kawasan ini memiliki jenis satwa paling lengkap di diantara jenis satwa yang lain. Ruangan pertama berisi koleksi satwa reptil jenis katak diantaranya katak minyak, katak hidung panjang, katak bertanduk, dan sebagainya. Satwa katak tersebut ditampilkan dalam kandang etalase kaca yang tertata dengan rapi lengkap dengan informasinya. Ruangan selanjutnya berisi beraneka jenis satwa kadal, ular, biawak, dan kura-kura. Kemasannya cukup menarik walaupun ukuran kandang dan etalase kaca kurang luas.

Koleksi Orang Utan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Taman Burung (Bird Park) Kebun Binatang Gembira Loka merupakan koleksi jenis satwa terbanyak dan terlengkap kedua setelah satwa reptil dan amfibi. Koleksi satwa burung (aves) di kebun binatang ini mencapai 60 jenis burung dan jumlahnya mencapai 300 ekor. Beberapa jenis burung yang biasa kita kenal antara lain elang, pelikan, cendrawasih dan pecuk hitam. Koleksi burung yang baru saja ditambah di kebun binatang ini adalah burung flamingo dan pinguin jackas yang berasal dari Afrika Selatan. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan beberapa jenis burung yang ada karena ada beberapa ruangan yang diperbolehkan untuk dimasuki oleh pengunjung. Namun sebelumnya pengunjung harus menggunakan cairan desinfektan untuk menjaga kondisi di dalam kandang tetap steril.

Koleksi Burung Rangkong Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Tur keliling Kebun Binatang Gembira Loka dilanjutkan dengan melewati kandang kuda, onta, dan rusa. Untuk menuju pintu keluar, pengunjung harus kembali menyebrangi jembatan Sungai gajah Wong dan mendaki beberapa anak tangga. Secara keseluruhan konsep dan kemasan Kebun Binatang Gembria Loka cukup menarik hanya saja ukuran kandang yang ada terlalu sempit dan membuat satwa yang tinggal tampak kurang nyaman. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Amin:

    Gembira loka tepat sebagai wisata keluarga…akhir bulan ini saya sekeluarga ada rencana kesana bersama-sama teman seinstansi istri.

  2. D Sukmana Adi:

    koleksi binatangnya nambah lagi ya mas?
    btw kayak pinguin gitu..
    btw ini deket bgt sama rumah bulek saya..
    daerah belakang kebun binatangnya..
    sering lwt doang..
    terakhir kesini jaman kecil dulu..

    • admin:

      Hi D Sukmana Adi, iya nambah pinguin. Ya cuma itu kandangnya sempit2..mungkin tata letaknya harus diperbaiki biar lebih luas. Lha saya juga penasaran juga..udah hampir 10 tahunan ga masuk kebun binatang ini :D

Kirim pendapat