Kawah Sikendang, Kawah Tersembunyi di Telaga Warna Dieng

Kawah Sikendang, Kawah Tersembunyi di Telaga Warna Dieng
3.1 (62.86%) 7 votes

Kawah Sikendang merupakan kawah berukuran kecil yang muncul di tepi kawasan Telaga Warna Dieng. Keberadaan kawah ini jarang didengar dan diketahui wisatawan yang berkunjung ke Telaga Warna Dieng karena ketiadaan informasi mengenai kawah ini. Sebagian besar orang yang berkunjung ke Telaga Warna Dieng menduga bahwa bau belarang yang terhirup di kawasan telaga tersebut berasal dari Kawah Sikidang yang letaknya lebih jauh.

Kawah Sikendang merupakan salah satu kawah aktif di Dataran Tinggi Dieng namun aktivitasnya cukup rendah dan hanya sesekali mengeluarkan asap berbau belerang. Pemberian nama “Sikendang” berasal dari bunyi letupan gas belerang yang mirip seperti alat tradisional kendang.

Kawah Sikendang Di Dataran Tinggi Dieng

Lokasi Kawah Sikendang berada di tepai danau Telaga Warna Dieng. Rute menuju area kawah ini dari pintu masuk Telaga Warna ikuti jalan ke sebelah kiri dari percabangan jalan. Ikuti jalan setapak yang ada hingga tiba di lokasi kawah yang ditandai dengan tanah berwarna putih kemerahan yang diakibatkan campuran senyawa belerang dan tidak terdapat tanaman yang tumbuh disekelilingnya. Kawah Sikendang tergolong kawah yang masih aktif namun tidak terlihat aktivitasnya seperti kawah-kawah yang lain. Kawah ini hanya sesekali mengeluarkan semburan gas belerang tipis dari endapan sulfur di tepi telaga dan gelembung-gelembung udara kecil di permukaan telaga. Gelembung-gelembung gas tersebut naik ke permukaan air telaga seolah-olah air telaga tersebut mendidih padahal air tersebut masih tetap dingin.

Penelitian dan informasi mengenai Kawah Sikendang masih sangat minim karena tidak terpantau secara serius dan belum membahayakan. Beberapa informasi yang kami himpun kawasan Wisata Alam Telaga Warna yang terdiri dari kawah Sikendang, Telaga Warna, dan Telaga Pengilon terbentuk dari depresi Igir Binem dari Gunung Prau yang membelah kawasan danau kawah purba menjadi dua bagian. Aktivitas letupan gas belerang di permukaan Telaga Warna kadang terlihat di beberapa tempat di tepi telaga. Pengunjung diharapkan tidak berlama-lama di area kawah ini atau tidak disarankan mendekati area kawah ini. Bau belerang yang cukup pekat dapat mengganggu pernafasan dan kesehatan. Masyarakat setempat sering melewati area kawah ini sebagai jalan pintas menuju ladang pertanian mereka yang ada di seberang telaga. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kawah Sikendang
Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon, desa Dieng Wetan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk (TWA Telaga Warna & Telaga Pengilon) : Rp 7.500,-
Parkir Motor : -
Parkir Mobil : -

Kirim pendapat