Pengalaman Menginap Kampong @ Arab Hostel Singapura

Kampong @ Arab Hostel atau dulu bernama Shophouse Hostel merupakan salah satu pilihan menginap di sekitar kawasan Arab Street, Bugis Singapura. Hostel ini dikategorikan sebagai hotel berbintang 1 (satu) di Singapura dengan fasilitas yang cukup untuk ukuran backpacker atau wisatawan berbudget rendah. Keberadaannya cukup strategis dekat dengan jalan utama dan kawasan wisata Arab Street dan Kampung Glam.

Kampong @ Arab Hostel terletak di 48 Arab St, Singapura 199745.

Lokasi Kampong @ Arab Hostel berada di tepi Arab Street yang dekat sekali dengan kawasan Kampung Glam. Kampong @ Arab Hostel merupakan penginapan dormitory dimana dalam satu kamar terdapat banyak tempat tidur. Tamu hostel yang menginap di Kampong @ Arab Hostel harus mengetahui konsep hostel sendiri dimana berbeda dengan konsep hotel atau penginapan secara umum. Konsep hostel mirip seperti pada asrama dimana dalam satu kamar terdapat beberapa tempat tidur atau ranjang tidur dimana tamu hotel harus berbagi ruangan kamar, kamar mandi, fasilitas yang ada di hostel dengan tamu atau orang lain. Selain itu tamu menginap harus melayani diri sendiri mulai dari membawa barang-barang bawaan ke kamar, antri kamar mandi, membuat teh/kopi sendiri di dapur dan sebagainya.

Kampong @ Arab Hostel menggunakan bangunan berarsitektur tua yang telah direnovasi dimana memiliki bangunan 3 (tiga) lantai saja tanpa menyediakan area parkir karena lahan yang terbatas atau sempit. Hostel ini memiliki pilihan kapasitas kamar mulai per kamar 4 orang dan 6 orang. Untuk segi keamanan, setiap pintu kamar diberi pengaman kunci elektrik dimana kunci tersebut juga dapat digunakan untuk akses kunci keluar masuk hostel.

Baca Juga  Pengalaman Menginap Di MyPodRoom Capsule Hotel Bandung

Fasilitas yang disediakan Kampong @ Arab Hostel cukup lengkap mulai dari lobi hostel yang digabung dengan cafe, kamar mandi, dan internet nirkabel (WiFi). Kamar tempat tidur hanya berisi tempat tidur bertingkat terbuka, pendingin ruangan (AC), dan loker besi. Pada setiap masing-masing tempat tidur atau bed disediakan sebuah bantal kepala, selimut, dan 1-2 colokan listrik (stop kontak/power plug). Colokan listrik yang disediakan merupakan standar colokan listrik universal sehingga tamu hostel tidak perlu menggunakan adapter. Ukuran loker yang disediakan sekitar 40 liter cukup untuk sebuah tas carrier atau koper berukuran tanggung. Layanan loker ini sepaket dengan akses kunci keluar masuk hostel.

Kampong @ Arab Hostel menyediakan kamar mandi dan wc secara terpisah di luar kamar dan tersebar di beberapa titik. Rasio antara tamu hostel dengan kamar mandi adalah (1:5) atau 1 (satu) kamar mandi untuk 5  (lima) tamu/orang. Sedangkan rasio antara tamu Hostel dengan wc adalah (1:10) atau 1 (satu) wc untuk 10 (sepuluh) tamu/orang. Kamar mandi berukuran standar dengan fasilitas air panas atau hot shower. Kekurangannya kondisi kamar mandi dan wc kadang kotor dan ada beberapa pemanas airnya tidak berfungsi. Peralatan mandi seperti handuk, sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, dan sebagainya tidak disediakan oleh hostel ini. Tamu hostel diharap membawa peralatan mandi sendiri-sendiri atau dapat membelinya di minimarket yang dekat dengan hostel ini.

Breakfast atau makan pagi di Kampong @ Arab Hostel dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 09.00 pagi. Tamu hostel dipersilakan ke ruang makan yang berada di lantai paling atas atau loteng bangunan hostel untuk menyiapkan sarapan yang terdiri dari roti, margarin, dan aneka selai seperti selai nanas, strawberry, coklat. Di ruang makan hanya disediakan microwave dan bread toast (pemanggang roti) saja tanpa tersedia kompor. Untuk minuman sendiri, tamu hostel bebas membuat teh/kopi yang tersedia tanpa ada batasan. Selain itu terdapat juga mesin air mineral yang bebas dipergunakan untuk minum dan mengisi botol air para backpacker untuk menghemat biaya ketika melakukan perjalanan. Namun jangan lupa setelah menggunakan alat-alat dapur segera dicuci dan dikembalikan ke tempatnya.

Aturan lain di Kampong @ Arab Hostel dilarang merokok didalam kamar tidur dan diseluruh ruangan Kampong @ Arab Hostel. Bila ketahuan melanggar aturan akan dikenakan sangsi sesuai hukum yang berlaku di Singapura. Harga yang ditawarkan Kampong @ Arab Hostel tergolong murah dan sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Sedikit saran, pesan secara online (booking online) jauh-jauh hari lebih murah daripada datang langsung ke hostel ini. Secara keseluruhan Kampong @ Arab Hostel dapat menjadi salah satu pilihan menginap ala backpacker di Singapura dengan budget terbatas dan tidak membutuhkan fasilitas berlebih pada tempat menginap. (text/foto: annosmile)

FASILITAS
  • AC (Air Conditioner)/Pendingin Ruangan
  • Free Internet (WiFi)
  • Loker Besi
  • Tv di lobi
  • Ruangan Khusus Merokok (Smoking Room)
  • Fasilitas Untuk Difabel
  • Layanan Laundry (cuci)
  • Penitipan Koper
Stasiun MRT Terdekat (Nearest MRT Station)

Bugis MRT Station (EW12/DT14)

Kirim pendapat