Kampoeng Rawa, Wisata Rekreasi Keluarga Di Ambarawa

Kampoeng Rawa merupakan daya tarik wisata baru di tepi Danau Rawa Pening. Kawasan ini dikembangkan sebagai pusat kuliner atau tempat makan yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas wisata air dan wisata outbound. Pengunjung selain dimanjakan dengan beraneka macam kuliner juga disuguhkan pemandangan Rawa Pening yang berlatar beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Kampung Rawa Ambarawa beralamat di Jalan Lingkar Selatan KM 3 Ambarawa, kabupaten Semarang. Merupakan wisata baru yang didirikan pada tahun 2012 berbarengan dengan selesainya Jalan Lingkar Ambarawa.

Salah Satu Sudut Kampoeng Rawa Ambarawa

Lokasi Kampoeng Rawa Ambarawa berada di tepi Rawa Pening sisi sebelah utara atau berada di sebelah selatan kota Ambarawa. Rute termudah menuju kawasan ini dengan melalui Jalan Lingkar Ambarawa sebagai jalan pintas atau jalur bypass menghindari kemacetan lalulintas Pasar Ambarawa. Letak jalan masuk menuju Kampoeng Rawa berada pada pertigaan tanpa lampu lalulintas di dekat Benteng Fort Willem I (Benteng Pendem Ambarawa). Ada beberapa petugas yang menjaga pertigaan tersebut untuk mengatur lalulintas jalan yang ramai dan membantu pengunjung keluar masuk kawasan.

Kampoeng Rawa Ambarawa didirikan berkat inisiatif dari 12 kelompok tani dan nelayan di Desa Bejalen dan Kelurahan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Mereka bersatu membentuk Paguyuban Kampoeng Rawa pada tanggal 4 Agustus 2012 dengan tujuan utama mensejahterakan kehidupan petani dan nelayan. Pembiayaaan Kampoeng Rawa didapatkan dari KSP Artha Prima Ambarawa, yang sudah sejak tahun 2004 mendampingi petani dan nelayan terkait pemberian bantuan modal. (sumber: www.kampoengrawa.com)

Lesehan dan Pemancingan di Kampoeng Rawa Ambarawa

Sebelum memasuki area parkir Kampoeng Rawa Ambarawa, perjalanan dilewatkan ditengah-tengah hamparan sawah yang luas. Pemandangan yang cukup menarik ini cukup langka dilihat karena kebanyakan telah tertutup oleh bangunan kios dan sebagainya. Saat tiba di gerbang area parkir, kendaraan yang kami tumpangi dipungut biaya parkir sekaligus biaya masuk per orang. Untuk biaya masuk per orang hanya dibebankan saat hari libur atau akhir pekan saja.

Baca Juga  Bioskop Tua Yang Pernah Ada Di Banjarnegara

Retribusi masuk Kampoeng Rawa Ambarawa ini terbilang cukup murah dibandingkan retribusi masuk kawasan wisata di sekitar Ambarawa. Sepertinya harga tiket murah menjadi salah satu daya tarik agar wisatawan berkunjung ke Kampoeng Rawa. Selain itu sebagai kawasan wisata baru tentu saja sebagai ajang promosi pariwisata agar lebih dikenal masyarakat luas khususnya dari luar daerah.

Kolam Pemancingan di Kampoeng Rawa Ambarawa

Setelah memarkir kendaraan, kami mencoba berkeliling kawan Kampoeng Rawa Ambarawa. Bangunan yang dekat dengan area parkir merupakan pusat informasi dan toko yang menjual oleh-oleh dan cinderamata. Tempat ini cukup membantu wisatawan yang kesulitan mencari oleh-oleh sepulang dari Semarang atau kebingungan mengenai daya tarik wisata di sekitar Ambarawa.

Perjalanan kami lanjutkan menuju ke area selanjutnya berupa warung lesehan dan kolam pemancingan. Secara memanjang dibangun kawasan kuliner yang menyajikan bermacam-macam makanan dan minuman. Sebut saja makanan yang biasa kita temui yaitu bakso, soto, dan mie ayam. Selain itu ada pula makanan khas nusantara seperti lotek, gado-gado, sate ayam, nasi goreng, dan sebagainya. Kekurangannya, di tempat ini tidak ada warung yang menyajikan kuliner khas Rawa Pening, Ambarawa, atau Salatiga.

Wisata Keliling Rawa Pening Dari Kampoeng Rawa Ambarawa

Selanjutnya yang menjadi daya tarik utama Kampoeng Rawa Ambarawa adalah rumah makan apung. Konsep rumah makan ini cukup unik dimana rumah makan tersebut mengapung ditengah-tengah kolam luas. Untuk menuju ke rumah makan apung, pengunjung harus menyeberang dengan menggunakan rakit. Menu yang ditawarkan rumah makan apung hampir sama dengan warung pemancingan dimana menyediakan olahan ikan air tawar. Namun melihat kemasan yang ditawarkan sudah tentu mahal dan belum tentu sebanding dengan rasa yang akan didapat.

Baca Juga  Domba Texel di Dataran Tinggi Dieng

Daya tarik lain kawasan Kampoeng Rawa Ambarawa adalah wisata keliling Rawa Pening dengan menggunakan perahu mesin. Meskipun sudah banyak ditemukan di beberapa obyek wisata di tepi Rawa Pening seperti Bukit Cinta dan Sumurup, wisata keliling Rawa Pening ini masih cukup favorit di kalangan wisatawan. Tidak heran bila dermaga perahu cukup penuh dengan antrian pengunjung. Beberapa fasilitas lain yang belum disebutkan cukup lengkap seperti panggung hiburan, ruang pertemuan, arena outbond, ATV, becak air, kereta mini, istana balon, dan sebagainya.

Secara keseluruhan Kampoeng Rawa Ambarawa cukup menarik dikunjungi ketika berwisata di sekitar Ambarawa dan Salatiga. Aksesnya cukup mudah dan mampu menampung banyak wisatawan. Sangat cocok digunakan untuk wisata rekreasi keluarga atau sebagai tempat pertemuan karena fasilitasnya cukup lengkap. Beberapa cerita negatif yang muncul akibat mahalnya harga makanan dan pelayanan yang kurang memuaskan harus menjadi perhatian supaya obyek wisata baru ini tidak kehilangan pengunjung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kampoeng Rawa Ambarawa
Jl. Lingkar Selatan KM 03 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Telp: (0298) 6170152, 085100170152
Email: info@kampoengrawa.com
Website: http://www.kampoengrawa.com

Kirim pendapat