Kampoeng Kopi Banaran, Asyiknya Bersantai Sambil Ngopi Di Agro Wisata

Kampoeng Kopi Banaran merupakan daya tarik wisata kuliner dan agro yang berada di daerah Bawen Semarang. Keberadaannya merupakan cabang dari unit usaha kedai kopi dan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX). Kemasan yang ditawarkan oleh tempat ini sedikit berbeda dimana selain tempat menyajikan hidangan (restoran), tempat ini juga dikembangkan sebagai wisata agro yang meliputi taman bermain, perkebunan kopi, beraneka atraksi permainan hingga tempat menginap.

Kampoeng Kopi Banaran terletak di Jalan Raya Semarang-Solo km 35, Bawen, kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

bagian-depan-kampoeng-kopi-banaran-semarang

Lokasi Kampoeng Kopi Banaran berada di tepi Jalan Raya Semarang-Solo atau Jalan Raya Bawen tepatnya beberapa ratus meter disebelah selatan dari Terminal Bawen dan pertigaan jalan menuju gerbang Tol Bawen. Keberadaannya cukup mencolok karena restoran ini dikelilingi oleh area perkebunan yang memenuhi area kiri kanan jalan raya. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung puluhan kendaraan beroda empat.

taman-kampoeng-kopi-banaran-semarang

Kampoeng Kopi Banaran merupakan kawasan wisata agro yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yang terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan. Memiliki cuaca yang sedikit sejuk karena berada di area perbukitan dengan ketinggian 480–600m dpl, dengan suhu udara berkisar antara 23ºC  – 27º C. Lahan yang digunakan mencapai 39 hektar dari luas total 418 hektar area perkebunan.Wisatawan akan disuguhkan pemandangan kebun kopi dan sedikit pemandangan sudut danau Rawa Pening dari kejauhan.

Baca Juga  Soto Sokaraja Bu Suyud Gombong Kebumen

Fasilitas yang disediakan oleh Kampoeng Kopi Banaran antara lain restoran atau cafe, area parkir, musholla, kamar mandi/wc, taman bunga, taman bermain anak, kebun kopi robusta, kebun kopi arabica, gasebo, kereta wisata, flying fox, berkeliling kawasan dengan kuda, area outbound, dan sebagainya. Tempat ini cocok digunakan sebagai lokasi wisata keluarga, rombongan, outbound, hingga tempat rapat diluar kantor.

menu-makanan-di-kampoeng-kopi-banaran-semarang

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan resto di Kampoeng Kopi Banaran cukup bervariasi dan sama seperti cafe atau restoran Banaran 9 Coffee yang lainnya. Pada setiap menu yang ada diberi keterangan deskripsi, bahan penyusun, foto makanan, dan tentu saja harga yang harus dibayarkan. Cita rasa kopi yang disajikan cukup menarik dicicipi meskipun penyajiannya terlihat sederhana. Menu pendamping kopi yang bagi saya cukup berkesan adalah pisang gorengnya karena ukurannya besar, renyah, dan dengan tingkat kematangan yang pas.

Bagi pengunjung yang kurang menyukai sajian kopi jangan khawatir karena Kampoeng Kopi Banaran juga menyediakan beraneka menu lain yang menarik untuk dinikmati. Secara keseluruhan Kampoeng Kopi Banaran menarik digunakan sebagai lokasi berwisata agro dan lebih nyaman digunakan sebagai tempat bersantai dibandingkan cabang Banaran 9 Coffee lainnya seperti di Banaran 9 Coffee Gemawang. (text/foto: annosmile)

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. kucingkeren:

    liburan tuntas nih ..keren!

    • admin:

      Hi Kucing Keren,
      Jelas dong :-)

  2. Ulat Sutra:

    Wih, mantep nih spotnya buat hangout, apalagi emang beneran udah cafe coffee, udah ngga usah diraguin deh rasanya

    • admin:

      Hi Ulat Sutra,
      Silakan dikunjungi ya :-)

  3. bersapedahan:

    saya suka kopi …
    jadi pengen kesini … asyikk banyak pilihan kopi-nya, bisa nyantai sambil bawa keluarga wisata agro

    • admin:

      Hi bersapedahan,
      Silakan dikunjungi kalau mampir di sekitaran Ungaran Jawa Tengah :-)

Kirim pendapat