Kali Opak Tujuh Bulan, Wisata Alternatif Di Kalasan Sleman

Kali Opak Tujuh Bulan merupakan destinasi wisata berbasis pedesaaan di tepi aliran Sungai Opak. Daya tarik wisata ini dikembangkan oleh karang taruna desa setempat yang melihat potensi tepian aliran Sungai Opak dibagian hulu yang masih bersih dan belum tercemar. Keberadaannya melengkapi daya tarik wisata lain di sepanjang aliran Sungai Opak seperti Wisata Lava Bantal, Taman Wisata Batu Kapal, dan Kalinampu Natural Park.

Kali Opak Tujuh Bulan beralamat di dusun Dalem, desa Tamanmartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55571.

Lokasi Kali Opak Tujuh Bulan berada di tepi aliran Sungai Opak yang masuk wilayah kecamatan Kalasan. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Namun petugas parkir hanya berjaga pada akhir pekan saja sehingga pengunjung diharapkan mengamankan kendaraannya yang terparkir.

Kali Opak Tujuh Bulan menempati area tanah tepi Sungai Opak sisi barat dengan akses pintu masuk dari sisi timur sungai. Sebelumnya tempat ini merupakan tambang batu dan pasir skala kecil di tepi aliran sungai. Masyarakat setempat mengubahnya menjadi destinasi wisata yang menarik dan mengedepankaan kelestarian alam. Gerbang masuk dari tepi jalan berupa jalan setapak dilanjutkan dengan jembatan gantung permanen untuk menyebrangi sungai. Jalan setapak ini dihiasi dengan bola lampu warna warni yang menyalaa pada sore atau malam hari.

Baca Juga  Bendungan Sapon Sungai Progo Dan Jembatan Penghubung Dua Wilayah

Kawasan wisata Kali Opak Tujuh Bulan terdiri dari beberapa bangunan pendopo kayu dan gubug-gubug penjual makanan serta minuman. Selain itu berbagai pepohonan ditanam di sekitar kawasan agar suasana terasa teduh dan sejuk. Selain itu juga disediakan wahana permainan tradisional seperti engrang, sasaran panah, arena ketangkasan anak, dan sebagainya.

Pengunjung Kali Opak Tujuh Bulan dipersilakan bemain air di tepi aliran Sungai Opak yang tenang dengan debit air rendah saat cuaca cerah. Namun tetap diharapkan waspada dan hati-hati saat bermain air dan tidak menjauhi area wisata.  Selain itu spot foto yang disediakan pengelola ssementara ini grais atau tidak dipungut biaya. Fasilitas pendukung obyek wisata ini cukup lengkap mulai dari mushola, toilet umum, dan area penjual makanan serta minuman. Kedepannya pengelolaa akan menambah wahana atau daya tarik untuk menambah jumlah wisatawan yang berkunjung. Secara keseluruhan Kali Opak Tujuh Bulan dapat menjadi wisata alternatif pelengkap di daerah Kalasan dan lereng Gunung Merapi. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Kali Opak Tujuh Bulan
Dusun Dalem, desa Tamanmartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55571

Kirim pendapat