Kali Cokel Pacitan, Wisata Jelajah Sungai Pesaingan Sungai Maron

Kali Cokel Pacitan, Wisata Jelajah Sungai Pesaingan Sungai Maron
2.6 (52%) 5 votes

Kali Cokel atau Sungai Cokel merupakan daya tarik wisata alternatif jelajah sungai selain Sungai Maron yang sudah cukup populer di Pacitan. Aliran sungai ini bermuara ke Pantai Watukarung yang dikembangkan menjadi pelabuhan perikanan tradisional. Sungai ini memiliki pemandangan yang cukup indah disepanjang aliran sungai yang dipenuhi oleh rerimbunan pohon kelapa.

Kali Cokel terletak di desa Watu Karung, kecamatan Pringkuku, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Wisata Perahu Jelajah Kali Cokel Pacitan

Lokasi Kali Cokel berada di sebelah timur Pelabuhan Perikanan Pantai Watukarung Pacitan. Rute menuju sungai ini dengan mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Watukarung. Dari kota Pacitan ke arah barat melewati jalur menuju ke Pantai Teleng Ria dan Pelabuhan Tamperan Pacitan. Ikuti jalan raya tersebut terus ke arah kecamatan Pringkuku/Wonogiri hingga melewati Monumen Palagan Tumpak Rinjing dan menemui papan petunjuk arah ke kiri menuju Pantai Patukarung. Ketika tiba di gerbang masuk Pelabuhan Perikanan Pantai Watukarung ada sebuah simpangan kecil dan pilihlah jalan ke arah kiri menuju ke kawasan pantai yang belum lama dibuka menjadi wisata seperti Pantai Seruni. Sebelum tiba di area pantai akan melewati jembatan yang melintasi Kali Cokel. Akses jalan sudah cukup baik dan mampu dilalui hingga kendaraan roda empat. Hanya saja tidak ada kendaraan umum menuju ke tempat ini.

Kali Cokel Pacitan bermuara ke sisi timur Pelabuhan Perikanan Pantai Watukarung dan menjadi tempat bersandarnya perahu nelayan. Sungai ini memiliki hulu atau sumber mata air yang berasal dari Luweng Jaran (Goa Jaran). Sungai ini memiliki karakter air yang berwarna hijau jernih dan akan selalu sama sepanjang tahun walau saat musim penghujan. Air Kali Cokel tidak akan keruh karena kondisi lingkungan yang masih alami dan terjaga kelestariannya. Hal ini sedikit bertolak belakang dengan Sungai Maron yang kadang terlihat keruh kecoklatan ketika hujan deras atau sedang ada pasang gelombang air laut.

Salah Satu Sudut Kali Cokel Pacitan

Pengunjung dapat menikmati keindahan Kali Cokel dengan menyewa perahu nelayan untuk berkeliling dan menyusuri aliran sungai. Sambil menjelajah, pengunjung dihibur dengan angin sepoi-sepoi, pemandangan pohon kelapa disepanjang aliran sungai, dan jernihnya sungai. Tempat penyewaan perahu dalam dilakukan di gubug-gubug tepi aliran sungai yang juga sebagai warung penjaja makanan dan minuman. Harga sewa perahu berbeda-beda setiap nelayan yang menyewakan perahu karena belum tergabung dalam paguyuban pengelola wisata seperti yang terdapat di Sungai Maron. Selain jelajah menggunakan perahu, pengunjung dapat mencoba berjalan diatas sungai dengan mendayung sebuah papan yang disebut Stand-Up Paddle Board (SUP). Pengunjung akan berdiri dan mendayung diatas papan tersebut dan dapat menikmati semua panorama sungai. Cara ini membutuhkan nyali lebih dan diperlukan pengawasan dan latihan terlebih dahulu. Permainan Stand-Up Paddle Board di Kali Cokel masih tahap pengembangan dan pengunjung harus mengontak pengelolanya terlebih dahulu bila ingin mencobanya.

Fasilitas pendukung wisata di Kali Cokel saat ini belum tersedia dan sementara ini pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di kawasan Pantai Watukarung. Bila pengunjung pernah berkunjung dan mencoba jelajah Sungai Maron, bolehlah mencoba menyusuri Kali Cokel dan bandingkan keindahannya. Secara keseluruhan Kali Cokel dapat menjadi alternatif wisata jelajah sungai selain Sungai Maron di Pacitan. (text/foto: annosmile)

-----------

Kirim pendapat

error: Content is protected !!