Ka’bah Itu Berada di Pantai Selatan Yogyakarta

Dalam perjalanan menuju ke Pantai Depok melalui jalan penghubung Pantai Parangtritis dengan Pantai Depok, kami melihat sebuah bangunan yang berbentuk kubus dari kejauhan. Bangunan tersebut telihat unik dan menarik karena bentuknya yang kotak tanpa menggunakan atap.

Ka’bah adalah sebuah bangunan mirip kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram di Mekah, Arah Saudi. Merupakan bangunan yang dijadikan patokan arah kiblat atau arah patokan untuk hal hal yang bersifat ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia seperti sholat. Selain itu, merupakan bangunan yang wajib dikunjungi atau diziarahi pada saat musim haji dan umrah. (wikipedia)

Penasaran dengan bangunan tersebut, akhirnya kami mendekati bangunan tersebut yang berada di ujung gurun pasir. Tidak kami sangka bangunan tersebut adalah bangunan Ka’bah lengkap dengan Maqam Ibrahim yang berada di dekatnya.

Ketika kami mendekati bangunan yang merupakan replika Ka’bah yang terdapat di Makkah, terlihat bangunan Ka’bah dibuat seperti aslinya lengkap dengan Hajar Aswad yang berada di salah satu ujung sudutnya. Di dekatnya terdapat Maqam Ibrahim yang merupakan batu tempat Nabi Ibrahim berpijak saat membangun Ka’bah.

Mengapa replika Ka’bah dibangun di daerah pesisir Pantai Parangtritis? Karena mengkondisikan suasana sama atau minimal mirip dengan kondisi Makkah yang panas dan lembab. Tempat ini sering digunakan untuk latihan manasik haji bagi para calon haji maupun anak-anak TPA, TK, dan masyarakat yang ingin belajar manasik haji.

Baca Juga  Dieng Plateau Theater, Visualisasi proses terbentuknya kawah

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Siakan berkunjung ke Lokasi Manasik Haji PDHI Yogyakarta dan Sholat Hari Raya Parangtritis yang terletak di gurun pasir sebelah barat Pantai Parangtritis dan Parangkusumo.

== Rute

Melewati pintu gerbang Obyek Wisata Pantai Parangtritis kemudian ambil jalan ke kanan arah ke Pantai Depok. Sekitar 1 km disebelah kanan jalan terdapat Lokasi Manasik Haji Yogyakarta yang berada di tengah gurun pasir.

Ada 51 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. omagus:

    bener asli bukan hoax..!
    ka’bah itu di mekkah..!
    (lmao)

  2. soewoeng:

    itu permanen bos?

  3. PRof:

    Tak kiro Ka’bahe ngungsi….

  4. Andy MSE:

    jebule kabah-ka’bahan…(doh)

  5. zee:

    Oh ternyata untuk manasik haji ya, saya kira kok ada dibangun replika begitu, karena kan bisa saja nanti ada yang menyalahgunakan keberadaannya. :)

  6. bOm² KDB:

    doh! aku ketipuuuu…hahhahaaaaa

  7. prof. helga:

    didaerah gue di situbondo jawa timur juga ada tuh bang
    tujuannya ya sama
    buat latihan manasik haji

  8. Ambon Kaart:

    Wah besar ya ka’bahnya. jadi pengen berkunjung juga :)

  9. mawi wijna:

    semakin dekat lah tanah suci…tapi yang penting kok layoutnya berantakan gini???

  10. Pojok Pradna:

    wih tim turing munggah kaji (applause)

  11. MacFamous:

    q pas lewat kok ga pernah ngeliat yo mas ..

  12. khay:

    keren tuh lokasi No…bisa buat manasik haji…

  13. iyem:

    iyem baru tahu…..

  14. xitalho:

    wah berkunjung.. nang bloge pak Kaji Anno hahahaha………

    Munggah kajine nang Gunung Kidul…kekekekekek….

  15. rudis:

    walah ku pikir bener rupanya kena tipu

  16. budies:

    pernah denger, ternyata memang ada bangunan permanennya ya mas…oooo

  17. suryaden:

    tak kiro ndeso tenan nek iki .. huahahaha

  18. iLLa:

    weleh,, kirain beneran :D beneran di tanah lapang yak, yg pernah saya liad miniatur ka’bah itu cumah di pelataran masjid saja, di kampung saya :P

  19. komuter:

    serasa berada di Mekah

  20. arkasala:

    replikanya aja sangat menawan ya Mas …
    dramatis sekali kelihatannya jika kita memandangnya dari kejauhan lantas mendekat … …
    Trims atas artikelnya yang menarik ini :)

  21. sugeng:

    kirain ada apa mas di pantai parang….., ternyata ….. :mrgreen: 
    salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

  22. Anas:

    tibakne nang ka’bah replika.. dan ternyata pula untuk latihan manasik haji.. :D

  23. ridu:

    ooh itu buat lokasi manasik haji toh.. biasanya anak2 TPA gitu dan calon haji ya yang ke situ?

  24. sauskecap.com:

    hahaha… pas difoto dari kejauhan persis ama aslinya (sok tau, pdhl saya belum pernah liat aslinya langsung)

  25. ndop:

    tiwas kaget aku….

  26. mobile area:

    keren banget mas

  27. referensi blog:

    yang pentig jangan malah dikramatkan

  28. MasEDI Belajar Ngeblog:

    Hoax ini,

    coba klo touring nya ajak2 saya, pasti bukan hoax… :mrgreen: :lol:

  29. Meidy:

    haiyaaaaaahhh….

  30. Silent reader:

    Sempat terkejut, membaca judul dan paragraf pertama.

  31. quinie:

    huaaaa kemaren dakuh gag sempet ke pantai pas ke jogja :((

  32. alief:

    tak pikir aneng sing pengen mindah ka’bah

  33. pelintas batas:

    dah lama gak ke jogja, mungkin kalo ntar ke sana, bisa sekalian latihan manasik haji kali ya…..

  34. darahbiroe:

    heheh
    keren juga tuch seolah2 udah abiz naik haji ajahhh
    wakwkakwakwka

  35. komputertips.com:

    Bagus fotonya yang pertama yang tampak dari kejauhan….view nya dapat tuh

  36. Sam Ardi:

    wedewwwwwwwwwwwwwwwwwwww…..tak kiro opo

  37. and1k:

    sempet kaget juga mas pas baca judulnya

  38. TKB:

    Ini buat manasih haji ya mas?

  39. zulhaq:

    kok diriku gak pernah tau kalo ada bangunan itu yah

  40. Bang Iwan:

    dari kejauhan… sangat mirip.
    Salut untuk Pemda yang telah membuat tempat khusus.

  41. Bang Iwan:

    Selamat atas kenaikan PRnya sobat.
    Sory baru sempat mampir.

  42. mas arif:

    wah kayak nya saya jga pernah maen2 ke situ tuh :D

  43. arif:

    lum pernah ke sna bro, kpn2 ke depok dkk ah

  44. cipstuff:

    Aku di tanjung balai karimun, disini juga ada tapi kelihatannya lebih kecil. Bentuknya juga mirip

  45. norjik:

    wah saya kmrn koq gk liat itu ya pas ksana. Btw, mmg sih skg parang tritis udh mirip ama gurun pasir hik

  46. mila:

    Persiiiisss… kyk yang di asrama haji pondok gede dkt rumah gw huahahahaa…..

  47. AULIA:

    alhamdulilah…………kapan aku bisa sampai ke makah ya ?

  48. johan:

    melihat replika ka’bah aja terharu…gi mana yang aslinya…..doain aku biar banyak rejeki terus naik haji ….amin

  49. setiyabudi:

    Wah kreatif juga buat pembelajaran, lebih bagus lagi klo umroh ato haji beneran ya to….??? cepetan mumpung urip…

  50. Rp. Laksono:

    Kapan2 naik haji isya Alloh ….

Kirim pendapat