Jurang Tembelan Kanigoro Dan Foto Selfie Di Kapal Titanic Mangunan

Jurang Tembelan Kanigoro Dan Foto Selfie Di Kapal Titanic Mangunan
3 (60%) 6 votes

Jurang Tembelan Kanigoro merupakan daya tarik wisata alam tebing perbukitan yang dikhususkan sebagai lokasi berfoto. Obyek wisata ini memiliki konsep yang hampir sama dengan wisata Bukit Panguk Kediwung yang terkenal dengan jembatan selfie di atas awan. Daya tarik utama obyek wisata ini adalah spot selfie dengan bentuk kapal di tepi jurang dengan latar pemandangan Sungai Oyo.

Jurang Tembelan terletak di desa wisata Kanigoro, dusun Kanigoro, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro cukup dekat dengan wisata Kebun Buah Mangunan dibandingkan wisata lain di sekitar Mangunan Bantul. Rute menuju tempat ini hampir sama seperti menuju Kebun Buah Mangunan. Sebelum memasuki gerbang Kebun Buah Mangunan ada pertigaan kecil ambil jalan ke arah kiri. Beberapa puluh meter berselang di sebelah kiri ada area parkir yang dikelilingi oleh warung makanan dan disitulah letak wisata Jurang Tembelan. Area parkir yang disediakan cukup luas dan jarak area parkir menuju tempat berfoto cukup dekat.

Jurang Tembelan Kanigoro merupakan daya tarik wisata baru yang belum lama dikembangkan menjadi obyek wisata di daereah Dlingo Bantul dan bebarengan dengan obyek wisata lain seperti Tebing Watu Lawang, Songgo Langit, dan Bukit Mojo. Tempat ini memiliki daya tarik yang sedikit lain dimana dikhususkan sebagai lokasi berfoto atau sekarang dikenal dengan istilah lokasi foto selfie. Area wisatanya bisa dibilang sempit karena hanya memanfaatkan area tebing bukit atau jurang. Pemandangan alam dari bukit ini hampir sama dengan pemandangan dari puncak bukit Kebun Buah Mangunan karena keduanya bersebelahan.

Spot selfie yang berbentuk seperti perahu atau kapal merupakan daya tarik sekaligus ikon wisata Jurang Tembelan Kanigoro. Tempat selfie ini dibuat dari bambu Spot selfie ini berada di tepi perbukitan atau jurang dengan latar pemandangan aliran Sungai Oyo dibagian bawah yang dikelilingi oleh perbukitan gunung seribu. Pengunjung dapat bergantian untuk berfoto diatas spot kapal ini yang dikenal dengan nama Titanic-nya Mangunan. Selain spot kapal Titanic masih ada beberapa spot selfie yang menarik untuk digunakan sebagai lokasi berfoto. Saat belum dikenakan biaya alias gratis namun pengunjung dipersilakan memberikan donasi untuk biaya perawatan.

Posisi Jurang Tembelan Kanigoro yang menghadap ke arah barat atau lebih tepatnya barat daya membuat tempat ini cukup menarik digunakan sebagai sebagai tempat menikmati matahari terbenam atau sunset. Selain itu ketiadaan penghalang di sisi barat membuat pemandangan terasa lepas dan luas. Bagi pengunjung yang datang pagi hari kondisinya juga tidak kalah indah dimana suasana disekitar seperti berada di negeri diatas awan karena kabut tebal berada di bagian bawah tebing atau obyek wisata ini. Pengunjung tinggal memilih apakah akan datang ke tempat ini pada pagi hari atau pada sore hari.

Fasilitas pendukung wisata di obyek wisata Jurang Tembelan Kanigoro sudah cukup lengkap meskipun harus diperbaiki dan dilengkapi. Warung makan sudah tersedia di area wisata ini dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak mencekik pengunjung. Diharapkan pengelola memberikan kesan positif agar wisatawan puas berwisata di obyek wisata ini ditengah persaingan wisata di sekitar Yogyakarta. Secara keseluruhan Jurang Tembelan Kanigoro dapat menjadi wisata alternatif dan pelengkap untuk berfoto dan berselfie selain Bukit Panguk Kediwung dan puncak bukit di Kebun Buah Mangunan. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. angkisland:

    mantap mas…

Kirim pendapat