Penjelasan Rute Jogja-Dieng

Penjelasan Rute Jogja-Dieng
3 (60%) 5 vote[s]

Rute Jogja-Dieng melewati Yogyakarta – Muntilan – Borobudur – Salaman – Slento – Kepil – Sapuran – Kertek – Wonosobo – Dieng. Waktu tempuh perjalanan yang diperlukan sekitar 3-4jam.

Perjalanan Jogja – Muntilan

Rute: Yogyakarta/Jogja-Jalan Magelang-Perempatan Jombor-Perempatan Denggung-Tempel-Salam-Muntilan. Perjalanan pertama dimulai dari perempatan Tugu Yogyakarta ke arah barat menuju perempatan Pingit Jalan Magelang. Arahkan kendaraan ke arah kanan atau ke utara menyusuri Jalan Magelang. Memasuki Perempatan Jombor yang terdapat jembatan layang, arahkan kendaraan lurus menuju ke arah Magelang. Ikutilah jalan lurus tersebut hingga melewati Perempatan Denggung dan lurus hingga Tempel yang merupakan batas Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Perjalanan akan memasuki wilayah kecamatan Salam kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah. Tidak lama kemudian akhirnya tiba di ibukota kecamatan Muntilan yang ditandai dengan keberadaan Pasar Muntilan. Kondisi jalan dari Yogyakarta menuju Muntilan sudah cukup baik dan lebar.

Perjalanan Muntilan – Kretek

Rute: Muntilan-Mendhut-Borobudur-Salaman-Slento-Kepil-Kalikajar-Kertek. Perjalanan dimulai dari pasar Muntilan ke arah barat melewati Jalan Raya Magelang-Yogyakarta. Pertigaan jalan besar Jalan Magelang-Borobudur belok ke kiri menuju Taman Wisata Candi Borobudur. Setelah melewati Jembatan Sungai Progo dn sebelum memasuki kawasan Taman Wisata Candi Borobudur terdapat sebuah pertigaan yang mengarah ke Salaman atau Purworejo. Ikuti Jalan Raya Borobudur-Salaman tersebut kemudian bersambung dengan Jalan Raya Salaman-Purworejo. Sebelum gerbang masuk wilayah Purworejo terdapat sebuah pertigaan kecil dan terdapat papan petunjuk arah menuju Wonosobo. Ikuti jalan alternatif tersebut yang melewati daerah Slento, Kepil, Kalikajar, dan akhirnya tiba di Kretek. Kondisi jalan yang dilalui naik turun dan beberapa bagian jalan mengalami kerusakan. Diharapkan mengguna jalan berhati-hati melewati jalur ini khususnya jalur Slento menuju Kalikajar.

Baca Juga  Masyarakat Tionghoa Yogyakarta Gelar Kirab Dewa Bumi

Perjalanan Kretek – Wonosobo – Dieng

Rute: Kretek-Kota Wonosobo-Dieng. Perjalanan dimulai dari pertigaan besar Kretek yang terdapat tugu ke arah barat menuju ke arah barat atau kota Wonosobo. Dari Alun-Alun Kota Wonosobo arahkan kendaraan menuju ke Dataran Tinggi Dieng. Perjalanan mulai menanjak hingga melewati gerbang selamat datang di Dataran Tinggi Dieng. Kondisi jalan sudah cukup baik namun belum cukup lebar. (text: annosmile)

TIPS

Lakukan perjalanan pada siang hari karena kondisi malam hari jalanan sepi dan gelap karena kurang alat penerangan jalan. Disarankan kalau melakukan perjalan malam dari kota Yogyakarta/Jogja menuju ke Dieng pada malam hari melewati Jalur Jogja – Magelang – Temanggung – Wonosobo – Dieng.

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. warm:

    Wah makasih infonya. Sejak lama pengen sepedaan ke Dieng tp blm sempet. Kntar survei dulu ah pake motor

    • admin:

      Hi Warm,
      Silakan main-main ke Dieng, banyak wisata menarik disana :-)

Kirim pendapat