Pengalaman Naik Jetstar Airways Jakarta-Singapura

3.7
04

Penerbangan Jetstar Airways saya pilih untuk menuju ke negara Singapura (Singapore) dari Jakarta Indonesia. Maskapai ini menyediakan jadwal penerbangan beberapa kali dalam satu hari mulai pagi hari hingga malam hari. Saya memilih penerbangan malam hari karena harga tiketnya paling murah dibandingkan jadwal penerbangan yang lain.

Proses check-in Jetstar Airways untuk Penerbangan Internasional (International Flights) dapat dilakukan secara online mulai 48 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan dengan pilihan web check-in dan mobile check-in. Saya memilih mobile check-in dengan menginstal aplikasi Jetstar terlebih daulu di ponsel android saya. Saya mengikuti petunjuk mobile check-in Jestar dimana langkah-langkahnya sama seperti web check-in. Pilihan tempat duduk dan bagasi 20kg saya kosongkan agar tidak menambah biaya penerbangan lagi. Akhirnya saya mendapat nomor tempat duduk secara acara random atau acak karena saya tidak mau menambah biaya lagi. Setelah selesai, boarding pass di kirim ke email saya dan saya tinggal mencetaknya di counter khusus cetak boarding pass saja karena tidak membawa bagasi.

Pada jadwal yang telah ditentukan, saya telah tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta beberapa jam sebelum pemberangkatan (departure). Terminal penerbangan Jetstar Airways adalah Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Saya langsung memasuki Terminal 3 Ultimate melalui Gate yang tertera di email dan mencari mesin cetak boarding pass. Namun saya tidak dapat menemukan mesin cetak boarding pass Jetstar Airways dan akhirnya bertanya kepada salah satu pegawai counter Jetstar Airways. Saya mendapat jawaban kalau sementara ini Jetstar Airways di Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta belum menyediakan mesin cetak boarding passPenumpang dipersilakan mencetak boarding pass pada counter bagasi Jetstar Airways yang baru dibuka pada 2 jam sebelum keberangkatan. Setelah mencetak boarding pass, saya langsung masuk ke ruang tunggu penumpang dengan melewati bagian pemeriksaan dan pengecekan tiket serta identitas. Selanjutnya melewati bagian imigrasi untuk pengecekan paspor dan alasan berkunjung ke luar negeri. Dari ruang tunggu penumpang, saya menunggu waktu penerbangan dan panggilan untuk menaiki pesawat. Penerbangan Jetstar Airways rute Jakarta-Singapura dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta (CGK) tepat waktu atau sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket penerbangan yaitu pada pukul 21.35 WIB melalui Gate 1.

Baca Juga  7 Wisata Pantai Di Singapura Yang Layak Wisatawan Ketahui

Penerbangan Jetstar Airways rute Jakarta-Singapura menurut informasi menggunakan pesawat jenis Airbus A320 dengan tempat duduk penumpang berjumlah 180 orang (seat). Seluruh tempat duduk telah disamaratakan menjadi kelas ekonomi (All Economy Class). Kursi penumpang diatur 3 (tiga) di sisi kanan dan 3 (tiga) di sisi kiri badan pesawat. Penerbangan pesawat Jetstar Airways yang saya naiki menggunakan nomor penerbangan 3k206.

Pesawat take off dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta dengan mulus tanpa gangguan. Pesawat melayang diatas udara kurang lebih sekitar 2 jam dan perlahan-lahan mengurangi ketinggiannya. Pesawat Jetstar Airways yang saya naiki mendarat dengan mulus di Bandar Udara Changi Singapura (SIN). Pintu keluar penumpang pesawat Jetstar Airways yang saya naiki melalui Terminal 1 Bandar Udara Changi Singapura atau Changi Airport. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat